Usai Trump bertemu Kim Jong-Un, Menlu AS bakal kunjungi China

Rabu, 13 Juni 2018 15:09 Reporter : Ira Astiana
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Leah Millis/Reuters

Merdeka.com - Kementerian Luar Negeri China mengumumkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan mengunjungi China pada Kamis (14/6). Kunjungan ini dilakukan usai pertemuan Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura.

Ini merupakan kunjungan pertama Pompeo ke China setelah ditunjuk menjadi menlu untuk memenuhi undangan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Keduanya akan mendiskusikan beberapa hal yang menjadi perhatian kedua negara.

"Kedua pejabat tinggi akan membahas tentang hubungan bilateral dan isu-isu kawasan atau internasional selama pertemuan," ungkap Juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang, dikutip dari South China Morning Post, Rabu (13/6).

Sebagaimana diketahui, hubungan China dan AS saat ini berada dalam ketegangan menyusul klaim China terhadap sebagian besar wilayah Laut China Selatan dan juga masalah perdagangan. Baru-baru ini AS membuat pengumuman untuk memberlakukan tarif 25 persen untuk ekspor China.

Meski demikian, AS tetap menyampaikan pujian kepada China karena ikut mengamankan KTT antara AS dan Korut di Singapura kemarin. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Amerika Serikat
  2. China
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini