Usai bertemu Kim Jong-un, Trump hentikan latihan militer dengan Korsel

Sabtu, 23 Juni 2018 13:52 Reporter : Ira Astiana
Kim Jong-un dan Trump jalan-jalan santai. ©2018 REUTERS/Jonathan Ernst

Merdeka.com - Amerika Serikat mengumumkan penangguhan tak terbatas untuk beberapa latihan militer dengan Korea Selatan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kesepakatan dibuat Presiden Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Pada KTT 12 Juni lalu, Kim sepakat untuk melakukan denuklirisasi total di Korut. Sebagai balasan, Trump juga berjanji akan menghentikan latihan gabungan dengan militer Korsel demi terciptanya perdamaian di Semenanjung Korea.

"Demi mewujudkan hasil KTT di Singapura dan melanjutkan kemitraan dengan Korut, Menteri Pertahanan AS James Mattis telah menunda latihan-latihan tertentu dalam waktu tak terbatas," kata juru bicara Pentagon, Dana White, dikutip dari Scroll, Sabtu (23/6).

"Penangguhan ini termasuk latihan Freedom Guardian dan pelatihan Program Kelautan Korea yang rencananya akan dilakukan dalam tiga bulan ke depan," tambahnya.

Departemen Pertahanan AS juga menambahkan bahwa keputusan di masa mendatang akan bergantung pada negosiasi dengan Korut.

Sebelum KTT berlangsung, Korut sempat mengancam akan membatalkan pertemuan dengan Trump apabila latihan militer gabungan AS-Korsel terus dilanjutkan. Trump pun mengambil keputusan untuk menangguhkan latihan militer asalkan Korut bersedia menghentikan program nuklirnya. [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini