Untuk Pertama Kali, Hong Kong Gelar 'Hari Pendidikan Keamanan Nasional'

Kamis, 29 April 2021 17:16 Reporter : Hari Ariyanti
Untuk Pertama Kali, Hong Kong Gelar 'Hari Pendidikan Keamanan Nasional' Aksi Kepolisian Hong Kong Latihan Anti Teroris. ©2021 REUTERS/Tyrone Siu

Merdeka.com - Pada pertengahan April lalu, Hong Kong memperingati “Hari Pendidikan Keamanan Nasional” untuk pertama kalinya, bertujuan untuk mempromosikan UU Keamanan Nasional yang diterapkan Beijing tahun lalu. UU ini dinilai mencederai kebebasan warga Hong Kong, wilayah otonomi China itu.

Anak-anak mulai usia tiga tahun ikut mempelajari UU tersebut, seperti dilaporkan South China Morning Post. Pihak berwenang juga mengundang warga di seluruh kota itu untuk membuat “dinding mozaik” berisi pesan dukungan atau gambar senyuman mereka di pusat-pusat kebudayaan dan sekolah.

Sementara itu, polisi Hong Kong meluncurkan pawai langkah angsa baru dalam gaya China daratan, menggantikan latihan kaki gaya Inggris sejak kota itu diperintah Inggris sampai diserahkan ke China pada 1997.

Unit taktis kemudian mengadakan "latihan anti-terorisme" yang mencakup petugas terjun dari helikopter untuk menembak mati pejuang bersenjata dan penyandera.

Dikutip dari Al Jazeera pekan lalu, pemerintah Hong Kong mengatakan acara itu bertujuan untuk menciptakan "suasana positif keamanan nasional" dan memperdalam pemahaman penduduk kota tentang UU itu serta konstitusi China dan konstitusi Hong Kong.

UU keamanan nasional yang banyak dikritik itu, mengatur tindakan hukum bagi apa pun yang dianggap Beijing sebagai subversi, pemisahan diri, "terorisme", atau kolusi dengan pasukan asing hingga hukuman penjara seumur hidup. Sejak UU ini diberlakukan, 100 orang lebih telah ditangkap.

Di akhir acara, stiker dan pembatas buku bertuliskan “Tegakkan Keamanan Nasional, Penjaga Tanah Air Kami” dibagikan ke sekolah-sekolah dan TK.

Baca Selanjutnya: Seorang kepala TK Nancy Lam...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hong Kong
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini