Uni Eropa Sumbang 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tambahan untuk Negara Miskin

Rabu, 15 September 2021 20:00 Reporter : Merdeka
Uni Eropa Sumbang 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tambahan untuk Negara Miskin Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna. ©Reuters

Merdeka.com - Uni Eropa akan menyumbangkan 200 juta dosis vaksin Covid-19 tambahan kepada negara-negara berpendapatan rendah, seperti disampaikan pada Rabu.

Sumbangan vaksin dosis ekstra ini diumumkan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, menjanjikan 250 juta dosis untuk negara-negara lain, terutama di Afrika.

"Saya dapat mengumumkan hari ini komisi akan menambahkan donasi 200 juta dosis lainnya hingga pertengahan tahun depan," jelasnya kepada Parlemen Eropa dalam pidato tahunannya, dilansir Al Arabiya, Rabu (15/9).

Von der Leyen mengatakan kepada Majelis Strasbourg, sumbangan vaksin ini merupakan "investasi solidaritas, dan merupakan investasi kesehatan global."

Dia mengakui perbedaan yang muncul antara negara maju secara ekonomi seperti AS dan negara-negara di Eropa, yang telah mendorong mayoritas penduduknya divaksinasi melawan virus corona, dan negara miskin yang berjuang untuk mendapatkan stok vaksin.

"Dengan kurang dari satu persen pemberian dosis global pada negara berpendapatan rendah, skala ketidakadilan dan tingkat urgensinya jelas," katanya.

Von der Leyen memuji penyebaran vaksinasi Uni Eropa, yang terlihat lebih dari 70 persen penduduk dewasanya telah divaksinasi penuh.

Dia juga mengatakan Eropa telah mengirimkan vaksin dalam jumlah yang lebih besar ke negara yang membutuhkan dibandingkan negara kaya lainnya, mencatat setengah dari 1,4 miliar vaksin yang diproduksi di wilayahnya telah diekspor ke luar negeri.

Reporter Magang: Ramel Maulynda Rachma [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini