Tunjukkan dukungan dari Indonesia, Menlu Retno pakai syal Palestina

Kamis, 7 Desember 2017 11:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
menlu retno pakai syal palestina. ©2017 Merdeka.com/Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari ini baru saja mengumumkan secara resmi pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Indonesia lewat Presiden Joko Widodo di Istana menyatakan menolak pengakuan AS itu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam acara Bali Democracy Forum hari ini di Tangerang menunjukkan dukungan Indonesia terhadap rakyat Palestina dengan memakai syal Palestina.

"Pertemuan kita hari ini di perayaan demokrasi untuk berdialog tentang kepedulian. Pagi ini Presiden AS mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sebagai negara demokrasi, AS harus tahu apa itu demokrasi," kata Retno.

Menlu menyatakan dia memakai syal Palestina ini sebagai lambang kuatnya Indonesia mendukung Palestina dalam masalah ini.

"Masyarakat Indonesia akan selalu bersama masyarakat Palestina. Indonesia akan selalu berdiri bersama Palestina," tegas Retno.

Pengakuan Trump ini mengakhiri kebijakan AS selama ini yang menolak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sejak Negeri Bintang Daud itu berdiri pada 1948.

"Mengakui Yerusalem," ujar Trump, "adalah langkah yang sudah ditunggu sejak lama untuk mempercepat proses perdamaian."

Dengan pengumuman ini maka Trump memerintahkan Kementerian Luar Negeri AS untuk memulai proses pemindahan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.