Tubrukan Batuan Purba Luar Angkasa Picu Tsunami Dahsyat di Mars 3,4 Miliar Tahun Lalu

Selasa, 6 Desember 2022 18:13 Reporter : Hari Ariyanti
Tubrukan Batuan Purba Luar Angkasa Picu Tsunami Dahsyat di Mars 3,4 Miliar Tahun Lalu Ilustrasi Planet Mars. ©Al Arabiya

Merdeka.com - Tsunami dahsyat kemungkinan telah terjadi miliaran tahun lalu ketika batuan luar angkasa purba "planet pembunuh" menghantam permukaan Mars dan membentuk sebuah kawah. Ini merupakan hasil penelitian terbaru ilmuwan dari Amerika Serikat.

Temuan baru ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyebut dampak asteroid atau komet yang jatuh di lautan di dataran rendah utara Mars mungkin telah menyebabkan tsunami yang sangat dahsyat.

Perbedaannya dengan penelitian terbaru ini adalah mengidentifikasi kawah tumbukan yang menyebabkan tsunami Mars purba. Kawah yang disebut Pohl memiliki diameter 110 kilometer dan terletak di dataran rendah utara Mars, yang diyakini para ilmuwan dalam penelitian sebelumnya tertutup oleh lautan. Penulis penelitian baru memperkirakan kawah terbentuk sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu berdasarkan posisinya dengan bebatuan, dikutip dari laman Nature World News, Selasa (6/12).

Sejalan dengan penelitian tersebut, temuan menunjukkan kemungkinan dampak asteroid Mars juga menyebabkan keterkaitan yang bisa serupa dengan serangan asteroid Chicxulub, yang memusnahkan semua dinosaurus non-unggas di Bumi 66 juta tahun lalu. Tabrakan Chicxulub diyakini sebagai peristiwa kepunahan massal terbaru dalam sejarah geologi.

Makalah baru tentang jatuhnya asteroid di planet Mars purba dan tsunami itu diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports pada 1 Desember, dimana para peneliti dari NASA, Planetary Science Institute, dan rekan mereka mengatakan mereka telah menemukan kawah yang menyebabkan mega tsunami di Planet Merah 3,4 miliar tahun yang lalu dari sebuah asteroid.

Tim peneliti menegaskan, serangan asteroid Mars mirip dengan penabrak Chicxulub, yang juga baru-baru ini ditemukan dalam penelitian lain telah menyebabkan mega tsunami ketika menghantam apa yang sekarang disebut Semenanjung Yucatan di Meksiko.

Para penulis studi menganalisis peta permukaan Mars, yang dimungkinkan dengan menggabungkan gambar dari misi Mars sebelumnya dan mengarah pada identifikasi kawah tumbukan Pohl yang mungkin menyebabkan mega tsunami, seperti dikutip American Association for the Advancement of Science (AAAS). [pan]

Baca juga:
Ilmuwan Inggris Punya Konsep Agar Planet Mars Bisa Dipenuhi Cagar Alam
CEK FAKTA: Benarkah Suhu di Bumi, Jupiter, Mars, Neptunus Menghangat? Simak Faktanya
Ilmuwan Ungkap Mars Dulu Punya Samudera Besar, Jadi Bukti Jejak Kehidupan
Jatuhnya Asteroid di Planet Mars Ungkap Rahasia Mengejutkan
Peneliti Temukan Tempat Tinggal di Planet Mars?
Ilmuwan Kini Punya Jawaban Berapa Lama Bakteri Bisa Bertahan di Permukaan Planet Mars
Tujuh Ton Sampah Manusia Ditemukan di Mars

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini