Tuai banyak kecaman, Trump masih ungguli survei bakal calon presiden

Kamis, 10 Desember 2015 18:53 Reporter : Muhammad Radityo
Tuai banyak kecaman, Trump masih ungguli survei bakal calon presiden Donald Trump. ©gawker

Merdeka.com - Sosok Donald Trump akhir-akhir ini menjadi topik hangat di bermacam media Amerika Serikat. Pernyataan akan menutup akses muslim masuk AS bila dirinya terpilih menjadi presiden Negeri Paman Sam selanjutnya memicu amarah sejumlah tokoh, seperti bos Facebook Mark Zuckerberg yang berjanji tidak akan memusuhi Islam seperti Trump.

Namun begitu, dalam survei yang diadakan oleh Fox News pada Rabu kemarin, secara mengejutkan Trump memimpin 20 persen dukungan sebagai bakal calon Partai Republik di Carolina Selatan. Dalam jajak pendapat, Donald Trump mengantongi dukungan 35 persen, diikuti Ben Carson 15 persen, dan Marco Rubio 14 persen.

Bersaing dengan Partai Demokrat, Hillary Clinton masih memimpin persaingan dengan dukungan sebanyak 45 poin lebih banyak dibanding pesaingnya Bernie Sanders.

Survei di Carolina Selatan ini adalah yang pertama dari dua kota utama lainnya Iowa dan New Hampshire. Poling Fox News ini diikuti 437 koresponden Partai Republik dan 364 koresponden Partai Demokrat.

Sejauh ini, Trump dan Clinton diprediksi masih akan memimpin kandidat dari masing-masing partai sebagai bakal calon terkuat yang bersaing di pemilu AS 2016. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini