Trump Tunjuk Dubes Baru Untuk Saudi di Tengah Skandal Jamal Khashoggi

Rabu, 14 November 2018 15:38 Reporter : Ira Astiana
Trump Tunjuk Dubes Baru Untuk Saudi di Tengah Skandal Jamal Khashoggi Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Joe Skipper

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menominasikan mantan Jenderal Angkatan Darat untuk menjadi duta besar Arab Saudi. Pemilihan ini dilakukan saat AS sedang menghadapi tekanan atas kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi.

"Presiden Trump telah memilih John Abizaid, seorang pensiunan jenderal Angkatan Darat berbintang empat yang pernah memimpin Komando Pusat AS selama perang Irak, untuk menjadi duta besar AS untuk Saudi," demikian pernyataan Gedung Putih dikutip dari Reuters, Rabu (14/11).

Penunjukan ini nantinya harus dikonfirmasi oleh Senat AS melalui sidang.

Sebagaimana diketahui, AS belum memiliki duta besar untuk Saudi sejak Trump menjabat pada Januari 2017. Namun di tengah skandal pembunuhan Khashoggi, AS didesak harus memiliki perwakilan untuk negara kerajaan tersebut.

Trump sendiri telah menyatakan keengganan untuk memberi sanksi kepada Saudi secara ekonomi. Sebabnya, negara tersebut masih membutuhkan Saudi yang kerap membeli peralatan militer darinya dan berinvestasi miliaran dolar di beberapa perusahaan.

Selain skandal tersebut, AS juga harus menghadapi kritikan dari anggota parlemen atas dukungannya dalam bentuk militer kepada Saudi dalam perang sipil Yaman.

Abizaid saat ini menjadi rekanan di Lembaga Hoover Universitas Stanford dan bekerja sebagai konsultan swasta di JPA Associates. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini