Trump dan pemimpin antar-Korea akan bertemu di AS

Kamis, 19 Juli 2018 15:06 Reporter : Farah Fuadona
Trump dan pemimpin antar-Korea akan bertemu di AS Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha telah mengisyaratkan para pemimpin kedua Korea dapat bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di sela-sela Sidang Umum PBB di New York September ini.

Ini akan menandai pertemuan puncak trilateral pertama mereka, serta kunjungan yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh pemimpin Korea Utara ke AS.

Berbicara kepada wartawan selama kunjungannya ke Inggris, Kang mengatakan, "Kami tidak dapat mengesampingkan (kemungkinan KTT trilateral)," dikutip dari Anadolu, Kamis (19/7).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampaknya menerima undangan dari Trump untuk mengunjungi AS. Sebuah hubungan yang baik usai pertemuan keduanya di Singapura bulan lalu.

Tapi kritikus telah mempertanyakan komitmen Pyongyang untuk melepaskan nuklirnya mengingat kurangnya kemajuan sejak pertemuan Trump-Kim pada 12 Juni.

Kang bersikeras tujuan denuklirisasi lengkap Korea Utara adalah "tidak bisa dilupakan," bahkan jika itu membutuhkan waktu - menggemakan pengakuan baru-baru ini oleh Trump bahwa ada "tidak ada batasan waktu" untuk Korea Utara.

Dia menambahkan bahwa upaya diplomatik akan dilakukan terhadap ambisi besar lainnya di semenanjung - mendeklarasikan akhir resmi Perang Korea 1950-1953 dalam tahun ini, seperti yang disepakati selama pertemuan antar-Korea bulan April. [frh]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini