Trump bantah Israel soal pindahkan kedutaan besar ke Yerusalem tahun ini

Kamis, 18 Januari 2018 12:51 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Trump bantah Israel soal pindahkan kedutaan besar ke Yerusalem tahun ini Kedubes AS di Tel Aviv. ©AFP PHOTO/JACK GUEZ

Merdeka.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Amerika Serikat akan memindahkan kedutaan besar mereka ke Yerusalem tahun ini. Namun Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan relokasi kedutaan mereka dari Tel Aviv tak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bulan lalu, batalnya pemindahan kedubes tidak akan lebih dari tiga tahun ke depan. AS mengaku masih perlu mencari lokasi aman untuk kantor serta tempat tinggal para diplomat mereka.

Ditanya tentang komentar Netanyahu, Trump mengatakan kalau batalnya pemindahan kedubes masih bersifat sementara, dan bukan akhir tahun ini.

"Menjelang akhir tahun? Kita berbicara tentang skenario yang berbeda, maksud saya jelas itu akan bersifat sementara. Kami tidak benar-benar melihat itu. Itu tidak," kata Trump dilansir dari laman Reuters, Kamis (18/1).

Melalui janjinya, Trump ingin kedubes AS di Yerusalem bagus, tapi harganya bukan USD 1,2 miliar (Rp 16 triliun), seperti harga kedubes AS yang rencananya dibangun di London. [ian]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini