Tidak hadir di sidang korupsi, mantan PM Thailand kabur ke luar negeri

Jumat, 25 Agustus 2017 16:16 Reporter : Pandasurya Wijaya
Tidak hadir di sidang korupsi, mantan PM Thailand kabur ke luar negeri Yingluck Shinawatra diadili di MA. ©2016 REUTERS/Jorge Silva

Merdeka.com - Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra dikabarkan kabur ke luar negeri sebelum sidang pengadilan yang akan memutus perkaranya hari ini.

Kabar itu diperoleh dari sumber dekat dengan partai pengusung Yingluck. Mantan perdana menteri Thailand itu tadinya akan divonis hukuman dalam kasus korupsi subsidi beras.

"Dia sudah meninggalkan Thailand," kata seorang sumber partai kepada kantor berita Reuters, Jumat (25/8). Namun sumber itu tidak menyebutkan di mana Yingluck saat ini berada.

Karena dia tidak hadir dalam sidang maka pengadilan mengeluarkan surat penangkapan baginya.

Pengacara Yingluck mengatakan kliennya tidak bisa hadir karena sakit namun pengadilan menolak pernyataan itu dan menunda vonis pada sidang 27 September nanti.

Perempuan 50 tahun itu sebelumnya membantah dia berbuat salah dalam kasus subsidi beras yang merugikan negara hingga miliaran dolar. Jika dinyatakan bersalah maka dia bisa dipenjara 10 tahun dan dilarang terjun ke dunia politik selamanya.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha sebelumnya mengatakan semua jalan keluar negeri sudah diawasi aparat keamanan.

"Saya baru tahu dia tidak datang (ke pengadilan)," kata Prayuth kepda wartawan. "Saya sudah perintahkan semua pemeriksaan di perbatasan ditingkatkan."

Sementara itu mantan menteri Thailand yang terlibat dalam kasus subsidi beras ini, Boonsong Teriyapirom, sudah divonis 42 tahun penjara.

[pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini