Terungkapnya kebohongan media Barat dalam konflik Suriah

Kamis, 15 Desember 2016 07:11 Reporter : Pandasurya Wijaya
Terungkapnya kebohongan media Barat dalam konflik Suriah eva bartlett. ©Russia Today

Merdeka.com - Idlib..tapi nyatanya tidak seorang pun warga di Aleppo timur yang pernah mendengar nama mereka."

Sementara cuplikan video yang mereka buat, kata Bartlett, berisi anak-anak yang sudah beberapa kali muncul dalam sejumlah laporan lain.

"Seorang bocah perempuan bernama Aya muncul dalam sebuah video di bulan Agustus, lalu dia muncul lagi di bulan berikutnya dalam sebuah laporan lain di lokasi berbeda."

"Jadi helm Putih tidak bisa dipercaya. SOHR tidak dapat dipercaya. 'Aktivis tak ingin diketahui namanya' juga tidak bisa dipercaya. Sekali dua kali mungkin bisa, tapi jika berkali-kali? Tidak bisa dipercaya. Jadi narasumber kalian di lapangan sebetulnya tidak ada," beber Bartlett.

masjid umayyah di aleppo

Masjid Umayyah di Aleppo ©REUTERS/Omar Sanadiki

Seorang jurnalis asal koran Italia Corriere della Sera mempertajam pertanyaannya kepada Bartlett tentang apa perbedaan media Barat dan media Rusia dalam melaporkan konflik di Suriah. Selama ini stasiun televisi Rusia lebih sering menampilkan laporan tentang bantuan kemanusiaan dan upaya damai ketimbang menyalahkan pihak lain.

"Ini masih berhubungan dengan pertanyaan jurnalis Norwegia tadi yang menanyakan mengapa media Barat menyebarkan berita bohong tentang Suriah. Ini karena memang demikianlah agenda mereka. Jika mereka memberitakan hal yang sebenarnya di Suriah sejak awal maka kita tidak akan ada di sini membahas ini sekarang. Kita tidak akan melihat begitu banyak korban tewas."

Bartlett seolah mempertegas apa yang terjadi selama ini di Suriah adalah bagian dari perang propaganda negara Barat lewat media untuk menjatuhkan rezim Suriah sesuai kepentingan mereka. [pan] SEBELUMNYA

Baca juga:
Pemberontak Suriah di Aleppo menyerah, pertempuran berakhir
Media Barat dan busuknya propaganda Amerika di Suriah

Mengenang keindahan kota di Suriah sebelum hancur oleh perang

Potret bocah Suriah semangat belajar meski hidup di pengungsian

Bertempur lawan ISIS, gadis cantik nan seksi ini malah dipenjara

Menyedihkan, Masjid Umayyah yang dulu megah kini rusak parah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini