Tepat Setahun, Virus Corona Pertama Kali Menginfeksi Manusia pada 17 November 2019

Rabu, 18 November 2020 14:28 Reporter : Hari Ariyanti
Tepat Setahun, Virus Corona Pertama Kali Menginfeksi Manusia pada 17 November 2019 Ilustrasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Setahun lalu, virus corona baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 pertama kali dilaporkan menginfeksi manusia, menandai mulainya pandemi global yang sejauh ini telah membunuh 1,33 juta orang dan menginfeksi 55,1 orang.

Menurut data pemerintah China, kasus pertama virus corona muncul pada 17 November 2019, beberapa pekan sebelum pihak berwenang mengumumkan adanya sebuah penyakit baru.

Dokumen yang dilihat The South China Morning Post awal tahun ini menyatakan tanggal tersebut berdasarkan data pemerintah China.

Orang yang pertama kali terinfeksi, disebut dengan "pasien nol", merupakan seorang warga Hubei berusia 55 tahun, tapi perihal ini belum dikonfirmasi. Demikian dikutip dari The Independent, Rabu (18/11).

Sementara itu, pemerintah China tidak secara resmi mengidentifikasi kasus positif virus corona sampai 8 Desember 2019. Karena itulah China dianggap berusaha menutupi isu ini pada awal penularan.

Data pemerintah yang bocor belum dirilis ke publik, namun memberikan wawasan berharga bagi para ilmuwan terkait penularan awal virus, yang umumnya dianggap menular dari hewan ke manusia. Sejak epidemi pertama kali dilaporkan di Wuhan pada Januari, para ilmuwan berusaha melacak sumber asli virus corona melalui infeksi awal ini dan kasus lain yang tidak tercatat.

Tahun lalu, pemerintah China mengidentifikasi setidaknya 266 orang yang terinfeksi Covid-19 dan berada di bawah pengawasan medis.

Pada akhir Desember para dokter China menyadari mereka menghadapi sebuah penyakit karena virus novel corona. Staf medis di Wuhan sampai akhir 2019 merawat puluhan pasien yang menderita penyakit seperti pneumonia tanpa diketahui penyebabnya. Para pasien mengalami gejala seperti demam tinggi, batuk, dan gangguan pernapasan.

Tak satu pun dari sembilan kasus pertama yang dilaporkan pada November dikonfirmasi sebagai "pasien nol". Menurut laporan SCMP, kemungkinan ada kasus yang dilaporkan yang terjadi lebih awal dari yang didokumentasikan.

Baca Selanjutnya: Catatan yang dilihat SCMP menunjukkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini