Temukan Harta Karun di Luar Angkasa, NASA Tunda Misi Penelitian

Senin, 27 Juni 2022 17:17 Reporter : Hari Ariyanti
Temukan Harta Karun di Luar Angkasa, NASA Tunda Misi Penelitian Asteroid. © Dailymail.co.uk/Sebastian Kaulitzki/Science Photo Library/Corbis

Merdeka.com - Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengumumkan batalnya misi pesawat ruang angkasa untuk meneliti asteroid Psyche karena adanya kendala teknis. Ini adalah pesawat luar angkasa pertama NASA yang dirancang untuk meneliti asteroid yang kaya logam itu dan sedianya akan diluncurkan tahun ini.

Dalam situs resminya, NASA menyampaikan pembatalan ini karena keterlambatan pengiriman perangkat lunak dan alat pengujian pesawat luar angkasa. Akibatnya, NASA tidak memiliki waktu yang cukup untuk merampungkan uji coba yang diperlukan menjelang peluncuran kedua pada 11 Oktober nanti.

"Tim yang terlibat dalam misi ini perlu lebih banyak waktu untuk memastikan perangkat lunak tersebut bisa berfungsi dengan baik selama penerbangan," jelasnya, dikutip dari situs web NASA, Senin (27/6).

Selama uji coba di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, para teknisi menemukan masalah kompatibilitas dalam simulator uji coba perangkat lunak. Masalah ini telah diperbaiki, tetapi tidak ada cukup waktu untuk pembayaran penuh dan peluncuran pada tahun 2022.

Dikutip dari CNN, NASA akan membentuk tim penilai independen untuk meninjau misi ini dan menentukan arah ke depan, termasuk perkiraan biaya dan peluang peluncuran pada 2023 dan 2024. Pesawat ruang angkasa Psyche saat ini ditempatkan di Kennedy Space Center di Florida.

Asteroid Psyche sangat kaya akan logam yang nilainya ditaksir mencapai USD 10.000 kuadriliun sehingga disebut asteroid harta karun. [pan]

Baca juga:
Peneliti Gunakan Tanah dari Bulan untuk Menanam Selada
Ilmuwan Ingin Kirim Gambar Manusia Bugil ke Luar Angkasa untuk Menarik Alien
Ilmuwan Peringatkan NASA Bisa Picu Serangan Alien
Ilmuwan NASA Amati Komet Terbesar yang Pernah Terlihat Menuju Bumi
Penampakan Debu Bulan yang Dilelang Rp17 Miliar di New York
Ada Lebih 5.000 Dunia di Luar Tata Surya Kita

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini