Taliban Berhasil Rebut Delapan Ibu Kota Provinsi Afghanistan Hanya dalam Lima Hari

Rabu, 11 Agustus 2021 10:00 Reporter : Hari Ariyanti
Taliban Berhasil Rebut Delapan Ibu Kota Provinsi Afghanistan Hanya dalam Lima Hari Militer Afghanistan bersiap hadapi Taliban. ©REUTERS/Omar Sobhani

Merdeka.com - Taliban kembali berhasil merebut dua kota lagi di Afghanistan, sehingga jumlah ibu kota provinsi yang berhasil dikuasi kelompok itu menjadi delapan kota sejak Jumat.

Kota Farah di provinsi barat daya dan Pul-e-Khumri di provinsi Baghlan di utara, keduanya jatuh ke tangan kelompok bersenjata itu pada Selasa. Sumber-sumber lokal mengonfirmasi jatuhnya dua ibu kota provinsi ini kepada Al Jazeera.

“Taliban memasuki kota Farah pada sore hari setelah bertempur sebentar dengan pasukan keamanan. Mereka merebut kantor gubernur dan markas kepolisian,” jelas seorang anggota dewan provinsi Farah, Shahla Abubar, kepada AFP pada Selasa.

Dikutip dari Al Jazeera, Rabu (11/8), Taliban juga merebut lapas pusat menurut anggota parlemen Abdul Nasri Farahi.

Farah saat ini menjadi ibu kota provinsi kedua di barat daya Afghanistan yang direbut kelompok itu. Pada Jumat, Taliban merebut ibu kota provinsi Nimruz.

Jatuhnya Farah ke tangan Taliban juga memberikan kelompok itu akses penyeberangan perbatasan menuju Iran.

Abubar mengatakan pasukan keamanan lokal telah mundur ke pangkalan angkatan darat di luar kota itu.

Pada Selasa, Taliban merebut Pul-e-Khumri, ibu kota provinsi Baghlan yang berjarak sekitar 200km di utara Kabul, kata seorang anggota parlemen dan tentara dari kota itu kepada AFP.

“Setelah sekitar dua jam pertempuran, pasukan keamanan kalah dan mundur,” kata seorang anggota parlemen, Mamoor Ahmadzai.

2 dari 2 halaman

Belum lama ini Taliban juga berhasil merebut Kunduz dan Takhar. Ini memberikan mereka kontrol hampir seluruh dari 378 kilometer jalan dari Kabul menuju provinsi Badakhsan di timur laut. Jalan itu merupakan jalur transit utama bagi penumpang dan kendaraan komersil dan jalur transportasi barang-barang terlarang seperti narkoba.

Wartawan Al Jazeera, Rob McBride, melaporkan dari ibu kota Afghanistan, Kabul, mengatakan jatuhnya Pul-e-Khumri merupakan perkembangan yang sangat signifikan. Ini bisa membuat pertempuran semakin dekat ke Kabul dan menjadi salah satu kekhawatiran pemerintah.

Taliban telah merebut delapan dari 34 ibu kota provinsi di Afghanistan kurang dari sepekan.

Dalam upaya menyingkirkan Taliban dari wilayah perkotaan pasukan Afghanistan mengklaim telah membunuh 361 pejuang Taliban melalui serangan darat dan udara dalam 24 jam terakhir. Kementerian Pertahanan menyampaikan operasi tersebut dilaksanakan di Nangarhar, Kunar, Logar, Paktia, Paktika, Maidan Wardak, Kandahar, Sar-e-Pul, Helmand, Kunduz, dan Baghlan. [pan]

Baca juga:
Nasib Warga Afghanistan Kabur dari Keagresifan Taliban
Membandingkan Kekuatan Pasukan Afghanistan dan Taliban, Siapa yang Lebih Unggul?
Kunduz Jatuh ke Tangan Taliban, Kota Besar Pertama Afghanistan yang Berhasil Direbut
Taliban Rebut Dua Ibu Kota Provinsi di Afghanistan Kurang dari 24 Jam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini