Survei: Mayoritas Rakyat AS Ingin Trump Lengser Sebelum Akhir Masa Jabatan

Senin, 18 Januari 2021 12:09 Reporter : Hari Ariyanti
Survei: Mayoritas Rakyat AS Ingin Trump Lengser Sebelum Akhir Masa Jabatan Donald Trump. ©2019 AFP Photo

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donal Trump akan meninggalkan jabatannya dengan tingkat penerimaan terendah rakyat Amerika, menurut sebuah survei baru CNN yang dilaksanakan SSRS, di mana lebih banyak warga Amerika yang mendukung dia segera lengser.

Mayoritas sebanyak 54 persen mengatakan Trump seharusnya dicopot dari jabatannya sebelum 20 Januari karena terlibat dalam kerusuhan Capitol pada 6 Januari lalu, dengan menghasut pendukungnya menyerbu Gedung Parlemen AS itu.

Masa jabatan Trump akan habis pada 20 Januari. Di tanggal itu, Presiden terpilih Joe Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris akan dilantik.

Angka tersebut lebih besar dari survei saat pemakzulan Trump pada 2019 atau awal 2020, seperti dikutip dari CNN, Senin (18/1).

Hampir semua Demokrat (93 persen) mendukung pencopotan Trump dari jabatannya sebelum 20 Januari, sementara hanya 10 persen dari Partai Republik merasakan hal yang sama.

Survei tersebut dilakukan bersamaan saat DPR melakukan pemungutan suara untuk pemakzulan Trump yang kedua kalinya, dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam dukungan pencopotan Trump sebelum versus setelah pemungutan suara.

Secara keseluruhan, 34 persen warga Amerika setuju dengan cara pemerintahan Trump, turun dari 42 persen saat survei sebelum pemilihan dan satu poin di bawah poin terendah sebelumnya dalam survei CNN. Di antara partisannya, angka penerimaan Trump anjlok 14 poin sejak Oktober tapi masih positif dengan 80 persen penerimaan.

Baca Selanjutnya: Krisis demokrasi Amerika...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini