Studi Israel, Begini Dampak Dosis Keempat Vaksin Covid-19 terhadap Tubuh

Kamis, 6 Januari 2022 18:07 Reporter : Hari Ariyanti
Studi Israel, Begini Dampak Dosis Keempat Vaksin Covid-19 terhadap Tubuh Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna. ©Reuters

Merdeka.com - Dosis keempat vaksin Covid-19 memperkuat antibodi lima kali lipat sepekan setelah suntikan diberikan. Hal ini disampaikan Perdana Menteri Israel, Naftali Bennet, mengutip temuan pendahuluan sebuah penelitian di Israel.

"Seminggu setelah dosis keempat, kita mengetahui tingkat kepastian yang lebih tinggi bahwa dosis keempat aman,” kata Bennett di Sheba Medical Center, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (6/1).

Sheba Medical Center memberikan suntikan vaksin penguat atau booster kedua dalam uji coba kepada para stafnya di tengah lonjakan infeksi varian Omicron.

"Berita kedua: Kita tahu bahwa seminggu setelah pemberian dosis keempat, kita melihat peningkatan lima kali lipat jumlah antibodi pada orang yang divaksinasi," jelas Bennet.

"Ini kemungkinan besar berartti peningkatan signifikan melawan infeksi dan rawat inap dan gejala parah."

Juru bicara rumah sakit Sheba, Steve Waltz mengatakan penelitian tersebut menggunakan suntikan vaksin Covid Pfizer, dan uji coba terpisah suntikan keempat untuk 150 orang menggunakan vaksin Moderna akan mulai pekan ini.

Israel terdepan dalam meneliti efek vaksin Covid, karena tercatat negara tercepat di dunia yang memvaksinasi penuh populasinya setahun lalu dan salah satu negara pertama di dunia yang memberikan suntikan dosis ketiga sebagai booster.

Saat ini Israel mulai menyuntikkan dosis keempat vaksin Pfizer-BioNTech kepada warga berusia 60 tahun ke atas, tenaga kesehatan, dan pasien yang memiliki masalah imun.

Pada Selasa, Kementerian Kesehatan melaporkan lebih dari 10.000 infeksi baru pada hari sebelumnya, melonjak dari kasus rata-rata harian yang kurang dari 4.000 infeksi pada pekan sebelumnya.

Lebih dari 4 juta dari 9,4 juta populasi Israel telah menerima tiga suntikan vaksin virus corona.

Negara ini mencatat lebih dari 1,4 juta kasus Covid dan 8.247 kematian. [pan]

Baca juga:
Tank-Tank Israel Tembaki Sosok Mencurigakan di Perbatasan Suriah
Belanda Bakal Musnahkan 190.000 Ayam karena Flu Burung
Israel Buang Ribuan Telur Ayam dari Peternakan yang Terpapar Flu Burung
Israel Perintahkan Pembongkaran Bangunan dan Masjid Palestina di Tepi Barat
Flurona, Israel Catat Kasus Pertama Pasien Terpapar Covid-19 dan Influenza Sekaligus
Portal Berita Israel Diretas Saat Peringatan Pembunuhan Qassim Sulaimani

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini