Stephen Hawking sebut alam semesta bukan ciptaan Tuhan

Jumat, 19 April 2013 15:31 Reporter : Faisal Assegaf
Stephen Hawking sebut alam semesta bukan ciptaan Tuhan Ahli fisika asal Inggris Stephen Hawking. (labotana.com)

Merdeka.com - Ahli teori fisika dan kosmologi tersohor asal Inggris, Stephen Hawking, kembali mengulang asumsi mengejutkannya. Dia kemarin menyebut alam semesta bukan ciptaan Tuhan.

Mengutip surat kabar Los Angeles Times, koran The Daily Mail melaporkan, Jumat (19/4), dia menyatakan teori mekanika kuantum dan relativitas bisa menjelaskan asal mula terbentuknya jagat raya ini. "Mata rantai hilang dalam kosmologi adalah sifat dasar lubang dan energi hitam," kata Hawking dalam kuliah umum di auditorium Institut Teknologi California (CIT) , Kota Pasadena, Negara Bagian California, Amerika Serikat.

Auditorium berkapasitas 1.100 tempat duduk ini dijejali pengunjung. Seribu penggemar lainnya mendengarkan kuliah dari profesor Universitas Cambridge, Inggris, ini lewat layar lebar dilengkapi pengeras suara di luar auditorium. Antrean sudah terlihat sejak pukul enam pagi meski kuliah Hawking baru berlangsung 12 jam kemudian.

Saban tahun, Hawking selalu mengajar di CIT sebulan. Kehadirannya kerap mengundang banyak orang kagum atas pemikiran ateisnya itu.

Ilmuwan 71 tahun ini hampir lumpuh total karena gangguan motorik. Dia harus menggunakan kursi roda buat bergerak. Dia juga memerlukan alat bantu buat berbicara.

Mungkin ini nasib orang lelah mencari namun tidak pernah bertemu Tuhan. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Amerika Serikat
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini