Spontan bantu rakyat, lima pemimpin dunia ini banjir simpati

Jumat, 27 Mei 2016 06:05 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Spontan bantu rakyat, lima pemimpin dunia ini banjir simpati Raja Bhutan potong bawang untuk masak. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemimpin negara adalah orang yang memiliki jabatan tertinggi dalam suatu negara. Biasanya mereka memerintah, memberi kuasa, atau menghabiskan waktu untuk mengurus hal-hal besar, semisal berdiplomasi dan lain sebagainya.

Seorang pemimpin negara biasanya tidak bisa lagi untuk terjun langsung hanya untuk sekedar berbincang kepada masyarakat. Bukannya tidak ingin, namun waktunya tidak ada karena harus mengurus negara.

Namun, siapa sangka ada lima pemimpin dunia yang bersedia membantu rakyatnya secara langsung. Mereka berusaha untuk bisa kembali merakyat dengan hal-hal yang cukup mengejutkan.

Beberapa pemimpin dunia ini rela membantu anak kecil memotong bawang, ada juga yang mau membantu membersihkan sisa-sisa kebakaran.

Penasaran siapa pemimpin negara yang melakukan hal tersebut? Berikut merdeka.com rangkumkan untuk Anda:

1 dari 5 halaman

Mantan Presiden Timor Leste ikut bereskan bekas kebakaran

timor leste ikut bereskan bekas kebakaran rev1Xanana Gusmao bersihkan kebakaran. ©2015 Merdeka.com

Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao terlihat ikut membersihkan sisa-sisa kebakaran yang terjadi di kotanya. Mengenakan celana pendek dan topi, Xanana terlihat ikut memunguti barang yang sudah gosong.

Tak hanya itu, Xanan rupanya sering terlibat langsung dalam membantu warga mengatasi bencana. Hampir tiga tahun lalu, pria ini nampak ikut membersihkan jalan.

Dia mengangkut bebatuan daru jalanan luar Istana Kepresidenan yang terkena longsor. Meski bajunya kotor karena kegiatan bersih-bersih tersebut, Xanana cuek saja.

Pria ini juga dilaporkan pernah ikut membantu polisi mengatur lalu lintas yang padat di jalanan Dili.

2 dari 5 halaman

Sultan Brunei Darussalam bantu atur lalu lintas

darussalam bantu atur lalu lintas rev1Sultan Brunei atur lalu lintas. ©2015 Merdeka.com

Kecelakaan lalu lintas memang biasanya menimbulkan efek macet luar biasa. Hal ini rupanya dimengerti oleh Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Kala itu, dua pengawalnya mengalami kecelakaan karena ditabrak seorang pengemudi perempuan. Bukannya marah, Sultan Hassanal malah turun dan membantu mengatur lalu lintas yang agak semrawut.

Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Raya Muara-Tutong dekat Taman Jerudong.

"Kecelakaan itu terjadi sekitar 05.40 sore, ketika kedua pengawalnya menghentikan mobil di jalan raya untuk memberi jalan pada mobil kerajaan. Tiba-tiba ada pengendara wanita yang melaju kencang dan tak mampu menghentikan laju mobilnya," kata polisi.

Meski dikenal seorang kaya raya, pemimpin negara ini tidak merasa malu untuk ikut turun ke jalan dan membantu mengatur lalu lintas.

3 dari 5 halaman

Presiden Turki hentikan upaya bunuh diri di jalanan

hentikan upaya bunuh diri di jalanan rev1Presiden Erdogan gagalkan upaya seorang pria bunuh diri. ©2015 Merdeka.com

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan tim paspampres dan ajudannya menghalangi upaya bunuh diri. Insiden itu terjadi ketika konvoi mobil kepresidenan lewat jembatan di Selat Bosphorus Kota Istambul.

Secara tak sengaja, sang presiden melihat seorang pria berdiri di tepian jembatan dalam posisi mencurigakan. Dia kemudian menghubungi paspampres untuk menghentikan aksi nekat lelaki itu.

Kantor berita Anadolu memperoleh salinan video dari tim Istana Kepresidenan Turki yang mengabadikan upaya paspampres dan ajudan presiden membujuk lelaki itu supaya mengurungkan niatnya bunuh diri.

"Saya kepala tim pengamanan presiden. Bapak lihat di mobil itu ada Presiden Erdogan. Pak Presiden ingin bicara dengan anda di mobil, tolong jangan meloncat," kata salah satu petugas.

Di mobil, Erdogan menanyakan apa masalah lelaki itu, sehingga sampai terpikir meloncat dari jembatan tertinggi di Istambul tersebut. Pria tak disebut namanya ini mengaku sedang ada masalah keluarga. Erdogan lalu menghubungi salah satu stafnya untuk membantu pria tersebut.

4 dari 5 halaman

Presiden Venezuela cari rumah untuk janda miskin

cari rumah untuk janda miskin rev1Presiden Venezuela Nicolas Maduro naik sepeda. ©REUTERS/Miraflores Palace/Handout

Ditimpuk buah mangga oleh seorang janda miskin rupanya tidak membuat Presiden Venezuela Nicolas Maduro marah. Dia malah berniat membantu wanita tersebut.

Rupanya di mangga itu tertulis alamat dan nomor telepon si penimpuk. Dia adalah janda miskin berusia 52 tahun bernama Marleny Olivo.

Olivo menuliskan catatan di kulit mangga, "tolong hubungi saya."

Dalam jumpa pers kemarin, Presiden Maduro langsung menghubungi wanita itu. Rupanya Olivo tak lagi punya tempat tinggal.

"Saya bilang padanya, pemerintah memberikan apartemen. Orang seperti dia sebetulnya sudah dijamin oleh Departemen Perumahan Venezuela," kata Maduro.

Dihubungi terpisah, Olivo mengaku tak menyangka ulah isengnya menimpuk presiden malah membuatnya memperoleh rumah. Dia hanya frustrasi karena tak lagi punya uang menyewa tempat tinggal.

5 dari 5 halaman

Raja Bhutan bantu masak makanan untuk anak sekolah

bantu masak makanan untuk anak sekolah rev1Raja Bhutan potong bawang untuk masak. ©2016 Merdeka.com

Raja Bhutan Jigme Khesa Namgyel Wangchuck, terlihat membantu tukang masak untuk menyiapkan makanan bagi para anak sekolah. Diabadikan dalam sebuah foto, Raja Jigme terlihat sedang mengupas bawang dan memotong cabai.

Potret sang raja pertama kali diunggah di Twitter oleh Harsh Goenka. Pria tersebut merupakan ketua konglomerat industrial RPG Enterprises.

"Raja Bhutan tengah memotong bawang dan cabai untuk persiapan memasak makanan bagi Komunitas Sekolah di Mongar," unggah sang konglomerat dalam akunnya @hvgoenka.

Bhutan memang kurang terkenal di dunia internasional. Sang raja dan ratu hanya pernah tampil di muka publik pada Februari lalu setelah memperkenalkan anak pertama mereka yang baru lahir. Pada April lalu, sang pemimpin kerajaan bertemu dengan Pangeran dan Putri Inggris, William dan Kate.

Negara di Asia Selatan ini juga masuk 10 besar negara paling bahagia di dunia. [pan]

Baca juga:
Kisah haru keluarga Singapura rawat TKI yang sakit kanker
Nenek 100 tahun ini pecahkan rekor lari 100 meter Guinness
Temuan mengagumkan listrik murah para mahasiswa
Bripka Seladi pilih memulung sampah ketimbang jadi polisi curang
Polri: Seladi figur polisi jujur
Perjuangan Nova angkat derajat ibunda dari seorang pengamen jalanan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini