Skotlandia negara pertama beri pembalut gratis buat perempuan miskin

Kamis, 13 Juli 2017 13:49 Reporter : Pandasurya Wijaya
Skotlandia negara pertama beri pembalut gratis buat perempuan miskin Ilustrasi menstruasi. ©Shutterstock.com/Ana Blazic Pavlovic

Merdeka.com - Pemerintah Skotlandia akan memberikan pembalut gratis bagi kaum perempuan miskin yang membutuhkan. Program ini akan diuji coba di Kota Aberdeen.

Sebanyak seribu wanita dan perempuan dari kalangan kurang mampu akan menerima bantuan dari pemerintah total sebesar Rp 731 juta.

Menurut laman The Scotsman, kebijakan ini boleh jadi merupakan program yang diterapkan pemerintah suatu negara pertama kali di dunia.

Dilansir laman the Independent, Kamis (13/7), program uji coba selama enam bulan ini akan dikelola oleh lembaga kesehatan masyarakat bagi rakyat miskin Community Food Initiatives North East (CFINE).

"Tidak boleh terjadi perempuan mana pun di Skotlandia tidak bisa mendapat produk pembalut. Tujuan kami lebih jauh untuk memberantas kemiskinan. Kami berupaya membuat produk pembalut bagi rakyat kurang mampu," kata Menteri Kesetaraan Angela Constance.

Senada dengan Constance, Direktur CFINE Dave Simmers menuturkan, "Semasa hidupnya, kaum perempuan harus mengeluarkan uang senilai lebih dari Rp 731 juta untuk membeli produk pembalut. Angka itu cukup berat bagi kaum kurang mampu dan mereka juga bisa berhenti sekolah." [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Skotlandia
  2. Menstruasi
  3. Pembalut
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini