Setelah Perang 20 Tahun Akhirnya AS Angkat Kaki, Bagaimana Masa Depan Afghanistan?

Jumat, 16 April 2021 07:37 Reporter : Hari Ariyanti
Setelah Perang 20 Tahun Akhirnya AS Angkat Kaki, Bagaimana Masa Depan Afghanistan? Bom bunuh diri Afghanistan. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Janji Presiden Joe Biden untuk menarik pasukan AS dari Afghanistan pada 11 September nanti adalah upayanya untuk mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Batas waktu penarikan yang ditetapkan Biden jelas, 11 September 2021, 20 tahun setelah serangan teror 9/11 di New York, Washington, DC, dan Pennsylvania yang mendorong AS menginvasi Afghanistan.

Perang dua dekade itu telah menghilangkan 2.300 nyawa anggota militer AS, puluhan ribu terluka, dan kematian yang tak terbilang jumlahnya dari pihak Afghanistan dan perang itu telah menghabiskan lebih dari USD 2 triliun uang para pembayar pajak.

Setelah semua itu, pasukan AS terakhir yang dikirim – beberapa dari mereka dipastikan lahir setelah serangan 9/11 – akan meninggalkan wilayah Afghanistan di bawah kendali Taliban yang berada di sana sejak 2001.

Berikut adalah penjelasan singkat perang 20 tahun itu, seperti dilansir CNN, Kamis (15/4).

Darimana Taliban berasal?

Uni Soviet menduduki Afghanistan selama 1980-an dan pada akhirnya mundur setelah mendapat perlawanan dari para pejuang, yang secara kolektif dikenal sebagai mujahidin. Di antara mujahidin ini adalah Osama bin Laden. AS menyelundupkan senjata dan bantuan untuk pasukan anti-Soviet ini.

Namun dalam kekosongan kekuasaan pasca-Soviet, Taliban dibentuk di bawah kepemimpinan Mullah Mohammed Omar, yang ingin menciptakan masyarakat Islam, membuang pengaruh asing seperti TV dan musik dan menerapkan hukum Islam yang represif yang secara khusus menindas perempuan. Sampai 2001, Taliban menguasai hampir seluruh wilayah negara tersebut.

Baca Selanjutnya: Mengapa AS menginvasi Afghanistan?...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini