Setahun Pembunuhan Jamal Khashoggi, Tujuh Pertanyaan Masih Jadi Misteri

Rabu, 2 Oktober 2019 06:39 Reporter : Pandasurya Wijaya
Setahun Pembunuhan Jamal Khashoggi, Tujuh Pertanyaan Masih Jadi Misteri Jamal Khashoggi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari ini setahun lalu pria itu turun dari mobilnya lalu berjalan melangkah masuk ke Konsulat Arab Saudi di Kota Istanbul, Turki. Di depan pintu masuk seorang petugas konsulat mengangguk menyambut kedatangannya dan mempersilakannya masuk.

Pria itu Jamal Khashoggi hendak mengambil berkas untuk melengkapi dokumen bagi kelengkapan pernikahannya. Di luar konsulat Hetice Cengiz, kekasihnya, menunggu di dalam mobil.

Rekaman kamera pengawas yang memperlihatkan Khashoggi melangkah masuk disambut anggukan petugas konsulat di depan pintu menjadi gambar terakhir sosok jurnalis harian the Washington Post itu. Khashoggi tidak pernah keluar dari gedung itu. Tukang kritik Kerajaan Saudi itu dibunuh di dalam konsulat.

Dikutip dari laman Dawn, kini sudah setahun Khashoggi dibunuh tapi masih ada tujuh pertanyaan yang belum terjawab dari kasus ini.

1. Benarkah Khashoggi ingin pulang kembali ke Arab Saudi?

Khashoggi rupanya pernah menyatakan kekhawatirannya kepada seorang rekan soal ada upaya dari pemerintah Saudi yang ingin mengajaknya pulang kembali ke Saudi setelah dia tinggal di Amerika Serikat.

"Apa kau bercanda? Saya tidak percaya mereka sedikit pun," ujar Khaled Saffuri, aktivis politik kelahiran Arab-Amerika, teman Khashoggi yang menceritakan hal itu kepada The Washington Post.

2. Jika pertemuan di dalam konsulat hanyalah diskusi, mengapa 15 orang berangkat dari Saudi ke Istanbul untuk diskusi itu?

Pemerintah Saudi awalnya mengatakan pertemuan dengan Khashoggi itu sebenarnya hanya sebuah diskusi tapi kemudian terjadi cekcok dan perkelahian antara dia dan beberapa orang di dalam konsulat.

Saudi kemudian menyatakan ada 18 orang yang ditahan karena terlibat pembunuhan Khashoggi. Sementara itu pemerintah Turki menyebut ada 15 orang yang tiba di konsulat sebelum Khashoggi tiba.

Hingga kini belum jelas mengapa begitu banyak orang diperlukan untuk berdiskusi dengan Khashoggi soal kepulangannya ke Saudi.

Baca Selanjutnya: Di mana Jasad Khashoggi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini