Serpihan bom AS ditemukan dilokasi serangan koalisi Saudi-UAE

Senin, 13 Agustus 2018 15:48 Reporter : Ira Astiana
Serpihan bom AS ditemukan dilokasi serangan koalisi Saudi-UAE Bom MK-82 buatan AS. Leila Gorchev / AFP

Merdeka.com - Serpihan bom milik Amerika Serikat ditemukan di sebuah lokasi serangan bom yang dikerahkan pasukan koalisi Arab Saudi-Uni Emirat Arab di Yaman. Serangan itu dilakukan pada Kamis (9/8) lalu.

Bom tersebut menghantam bus sekolah yang membawa anak-anak dan meninggalkan korban tewas sebanyak 51 orang. Kebanyakan korban tewas merupakan anak-anak.

Potongan bom ditemukan oleh penduduk setempat yang kemudian dipublikasikan oleh seorang jurnalis Nasser Arrabyee. Arrabyee mengambil gambar fragmen-fragmen yang tampaknya berasal dari bom MK-82 yang dijual AS ke Saudi.

Dilansir dari laman Rusia Today, Senin (13/8), foto-foto serpihan bom tersebut memang belum diverifikasi, namun sisa bom serupa telah berulang kali muncul sebagai hasil serangan di Yaman.

MK-82 pertama kali terlihat pada tahun 2016, ketika itu koalisi Saudi membom sebuah aula komunitas Sanaa saat pemakaman Sheikh Ali al-Rawishan. Akibat serangan itu, lebih dari 140 tewas dan 525 orang lainnya terluka.

Sebagaimana diketahui, penjualan senjata ke Saudi telah berulang kali mendapat kecaman dari organisasi HAM. Sebab, penjualan bom itu dinilai sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap perang yang terjadi di negara tersebut.

Lebih dari 10.000 orang telah tewas selama tiga tahun perang berlangsung, sebagaimana diberitakan oleh PBB. Selain itu, perang tersebut juga telah membawa bencana kelaparan dan penyebaran penyakit di Yaman. [frh]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini