Sepeninggal Abdullah, ini lima raja terkaya di dunia

Sabtu, 24 Januari 2015 07:15 Reporter : Ardyan Mohamad
Sepeninggal Abdullah, ini lima raja terkaya di dunia Sultan Brunei Haji Hassanal Bolkiah. ©REUTERS

Merdeka.com - Raja Abdullah, pemimpin Arab Saudi, mangkat kemarin (23/1) dalam usia 90 tahun. Dia meninggalkan warisan melimpah buat keluarganya, senilai USD 20 miliar (setara Rp 2.500 triliun) berwujud kepemilikan tanah, konsesi minyak, batu mulia, saham di ribuan perusahaan, dan masih banyak lagi.

Forbes maupun Business Insider pernah menobatkannya sebagai kepala negara terkaya sejagat selama bertahun-tahun. Tentu harta melimpah ini tidak mengejutkan, lantaran mendiang Abdullah memimpin negeri dengan cadangan minyak 18 persen dari estimasi global, alias yang terbesar di muka bumi.

Pada daftar 2013, Abdullah berada dalam posisi ketiga kepala negara berlatar monarki paling kaya sedunia. Dari laporan Forbes (28/4/2013), tidak sedikit kepala negara berlatar raja atau ratu sampai sekarang masih mengisi daftar orang terkaya di muka bumi.

Kerajaan, walau mayoritas tak lagi memiliki kekuasan politik, masih mendapat pemasukan rutin melalui sewa properti. Perlu diingat, banyak aset tanah di negara monarki konstitusional adalah milik raja. Kandungan dalam tanah pun menjadi hak para bangsawan. Bisa dibayangkan di negara monarki absolut, seperti Saudi, kekayaan raja semakin berlipat-lipat.

Lantas, sepeninggal Abdullah, siapa saja mengisi posisi lima besar raja terkaya di muka bumi menurut Forbes? Simak rangkumannya berikut ini:

1 dari 5 halaman

Pangeran Hans-Adam II

adam ii rev3Pangeran Hans Adam II. ©2015 Merdeka.com

Luas Liechtenstein tak lebih besar dari Provinsi Banten. Kendati demikian, ini adalah salah satu negara paling makmur di dunia.

Rajanya apalagi. Pangeran Hans-Adam II memiliki harta hingga tujuh turunan. Forbes menaksir total kekayaan bersihnya mencapai USD 4 miliar atau setara Rp 43,3 triliun.

Lulusan Universitas St. Gallen, Swiss ini semasa muda bekerja di bank dan sektor-sektor keuangan lainnya. Oleh sebab itu, Hans-Adam pandai menempatkan uang ke bisnis-bisnis yang menjanjikan. Dia bisa melipatgandakan aset perusahaan warisan keluarga, LGT. 

Terbukti, kini Liechtenstein menjadi salah satu pusat keuangan di Eropa, menyaingi Swiss. Karena Raja Abdullah wafat, maka Hans Adam naik ke posisi lima raja paling kaya sedunia.

2 dari 5 halaman

Muhammad bin Rasyid al-Maktoum

rasyid al maktoum rev3Muhammad bin Rasyid al-Maktoum. ©2015 Merdeka.com

Dia adalah Perdana Menteri Uni Emirat Arab, sekaligus sahabat baik mendiang Raja Abdullah. Walau statusnya 'cuma' orang nomor dua di negeri kaya minyak itu, tapi hartanya masih teramat melimpah. 

Tabloid Mirror pada 2013 menyatakan kekayaan Muhammad bin Rasyid 41 ribu kali lipat, rata-rata warga biasa di Uni Emirat Arab. Bisa dibayangkan betapa makmurnya dia. Forbes memperkirakan hartanya senilai USD 12 miliar.

Pria yang menjabat perdana menteri sejak 2006 ini dikenal royal membelanjakan hartanya. Harta paling dibanggakan Muhammad adalah sebuah kapal pesiar senilai USD 300 juta yang sanggup menampung 115 penumpang.  Sepeninggal Raja Abdullah, bangsawan Arab ini menjadi raja terkaya keempat sedunia.

3 dari 5 halaman

Khalifa bin Zayed al-Nayhan

zayed al nayhan rev3Khalifa bin Zayed al-Nayhan. ©2015 Merdeka.com

Dia masih sepupu Muhammad bin Rasyid. Khalifa sekarang adalah Emir dari Uni Emirat Arab, atau secara formal setara presiden. Jabatan ini diembannya sejak 2004.

Berkat sumur minyak yang seakan tidak berdasar, Khalifa memperoleh kekayaan bersih senilai USD 15 miliar. Jatah sang emir ditaksir 100 miliar barel minyak mentah.

Tapi Khalifa dikenal pandai berbisnis sejak muda. Sebelum memegang pemerintahan, dia menjalankan perusahaan investasi dan pengelolaan aset. Dana yang digelontorkan Grup al-Nahyan tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Total uang yang diputar oleh perusahaan ini mencapai USD 627 miliar.

Wafatnya Raja Abdullah otomatis mengatrol  posisi Khalifa ke urutan ketiga raja paling kaya sejagat, versi Forbes.

4 dari 5 halaman

Sultan Hassanal Bolkiah

bolkiah rev3Sultan Haji Hassanal Bolkiah. ©REUTERS

Raja Brunei Darussalam ini menikmati kekayaan melimpah, karena negaranya adalah monarki absolut. Negara tetangga Indonesia ini diberkahi kandungan minyak yang amat kaya. Seandainya boros sekalipun, emas hitam di Brunei baru habis 25 tahun lagi.

Sejauh ini, Hassanal Bolkiah masih menikmati uang minyak.  Kekayaan bersihnya senilai USD 20 miliar. Raja satu ini, serta keluarga besarnya, dikenal sebagai yang paling boros di dunia. Aksi-aksi mereka membeli benda mewah kerap diberitakan.

Rumah pribadi sang sultan memiliki 1.800 kamar. Bahkan muncul isu, kalau Bolkiah mempunyai sebuah sedan mahal Rolls-Royce yang dilapis emas 24 karat.

5 dari 5 halaman

Raja Bhumibol Adulyadej

adulyadej rev3Sri Rama ke-IX Bhumibol Adulyadej. ©Reuters

Siapa sangka, raja terkaya di muka bumi bukan berasal dari Timur Tengah yang kaya minyak. Melainkan Raja Bhumibol Adulyadej, simbol negara Thailand.

Pria 84 tahun ini dikenal sangat merakyat. Oleh sebab itu, pengaruhnya sangat besar di Negeri Gajah Putih.

Walau merakyat, kekayaannya bikin geleng-geleng. Forbes menaksir harta pribadinya setara USD 30 miliar (setara Rp 345 triliun). Sang Raja yang bergelar Sri Rama ke-IX ini menguasai banyak ribuan hektar tanah bernilai strategis di Thailand.

Bhumibol pun memiliki saham di banyak perusahaan bonafid, termasuk Siam Cement, Siam Commercial Bank, dan banyak lagi. Bila dibandingkan dengan pendapatan rakyat biasa di negaranya, kekayaan raja Thailand mencapai 5,4 juta kali lipat lebih tinggi.

Konon, Bhumibol memiliki berlian terbesar sejagat yang harganya mencapai USD 12 juta. Kekayaan itu pula yang membuat keluarga raja sangat berpengaruh di negara ini.  [ard]

Baca juga:
Harga minyak dunia bergejolak usai Raja Saudi wafat
Prosesi pemakaman Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz di Al-Od
Abdullah mangkat, Ratu Elizabeth jadi pemimpin tertua sedunia
Keakraban Raja Abdullah bin Abdul Aziz bersama pemimpin dunia
Hingga wafatnya Raja Abdullah larang perempuan Saudi mengemudi
JK akan wakili Presiden Jokowi melayat Raja Arab Saudi Abdullah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini