Separuh warga Australia setuju pengesahan pernikahan sesama jenis

Rabu, 15 November 2017 14:12 Reporter : Ira Astiana
demo lgbt di australia. ©2017 REUTERS/Jason Reed

Merdeka.com - Sebuah jajak pendapat dari Biro Statistik Negara menunjukkan bahwa lebih dari separuh rakyat Australia menyetujui agar pemerintah mengesahkan pernikahan sesama jenis. Meski survei ini tidak mengikat, namun warga berharap para politisi akan mengikuti jajak pendapat ini.

Jumlah presentase dalam survei ini adalah sebesar 61,6 banding 38,4. Lebih dari tiga perempat pemilih yang memenuhi syarat negara juga ikut ambil bagian dalam pemungutan suara ini.

Seorang ahli statistik, David Kalisch, merinci hasil survei ini berdasarkan beberapa wilayah di Australia.

"Di Canberra, pemilih yang berkata 'ya' sebanyak 7.817.247 sementara yang menentang gagasan tersebut sebanyak 4.873.987. Di enam negara bagian Australia yang lain survei ini juga dimenangkan oleh suara 'ya'," ungkap Kalisch, dikutip dari laman metro.co.uk, Rabu (15/11).

Kalisch juga merinci ada 64,9 persen pemilih yang setuju terhadap pengesahan pernikahan sesama jenis di Victoria, 57,8% di New South Wales, 60,6 persen di wilayah utara dan 74 persen di wilayah ibu kota Australia.

Hasil survei ini akan diajukan ke parlemen untuk dipertimbangkan untuk disahkan.

Meski demikian, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull sempat mengatakan bahwa dirinya menentang keras undang-undang pengesahan pernikahan sesama jenis.

"Pemerintah tidak akan mengesahkan pernikahan sejenis dan proposan undang-undang tersebut hampir tidak memiliki prospel untuk diluluskan oleh parlemen," tegas Turnbull. [ary]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.