Sempat Kosong Dua Tahun, Turki Kembali Tunjuk Dubes untuk Israel

Selasa, 15 Desember 2020 08:08 Reporter : Hari Ariyanti
Sempat Kosong Dua Tahun, Turki Kembali Tunjuk Dubes untuk Israel Erdogan dan Netanyahu. ©i24news.tv

Merdeka.com - Atas dukungan Presiden terpilih AS Joe Biden, Turki dilaporkan menunjuk duta besar baru untuk Israel untuk mengisi jabatan diplomatik yang dibiarkan kosong selama lebih dari dua tahun.

Pekan lalu, Al Monitor melaporkan, Dubes baru terpilih yaitu Ufuk Ulutas (40), pengagum Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang sebelumnya kuliah di Universitas Ibrani Yerusalem.

Ulutas juga merupakan Ketua Pusat Penelitian Strategis di Kementerian Luar Negeri Turki, dia disebut "sangat pintar", "sangat cerdas", dan "sangat pro-Palestina,". Demikian kata laporan tersebut mengutip seorang sumber, seperti dikutip dari Times of Israel, Senin (14/12).

Ulutas juga bukan seorang diplomat karir. Sementara itu belum jelas apakah Israel akan mengirim duta besar kembali ke Turki.

Israel dan Turki belum bertukar duta besar sejak pertikaian pada Mei 2018. Setelah unjuk rasa berujung kekerasan di perbatasan Gaza di mana lebih dari 60 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah anggota Hamas tewas, Erdogan menyalahkan Israel atas kematian itu, menyebutnya sebagai "negara teroris" yang melakukan "genosida".

Turki kemudian menarik duta besarnya dan mengusir duta besar Israel, Eitan Na'eh, dan konsulat jenderal di Istanbul. Na'eh, yang diperintahkan untuk meninggalkan Turki sementara, menjalani pemeriksaan keamanan yang ketat di bandara Istanbul yang mengharuskannya untuk melepas sepatunya. Pers Turki diundang untuk merekam hal tersebut, Israel pun membalas dengan tindakan yang sama.

Baca Selanjutnya: Saling sebut teroris...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini