Seluruh Penduduk Wuhan akan Dites Covid-19 Setelah Kasus Virus Corona Muncul Kembali

Selasa, 3 Agustus 2021 19:25 Reporter : Hari Ariyanti
Seluruh Penduduk Wuhan akan Dites Covid-19 Setelah Kasus Virus Corona Muncul Kembali Kasus virus corona kembali muncul di Wuhan. ©AFP/STR

Merdeka.com - Pemerintah di Wuhan pada Selasa menyampaikan akan melakukan tes Covid-19 untuk seluruh populasinya setelah kota di China tengah di mana virus corona pertama kali muncul pada akhir 2019 itu melaporkan kasus infeksi lokal pertamanya dalam setahun lebih.

Pejabat senior Wuhan, Li Tao menyampaikan dalam konferensi pers, kota berpenduduk 11 juta itu segera meluncurkan tes asam nukleat menyeluruh untuk semua penduduk.

Pada Senin, pihak berwenang mengumumkan tujuh kasus infeksi penularan lokal yang ditemukan di antara para pekerja migran di kota tersebut. Ini merupakan kasus domestik pertama setelah wabah awal yang disusul dengan lockdown ketat pada awal 2020.

Dilansir France 24, Selasa (3/8), dalam beberapa hari terakhir China telah meminta warga di seluruh kota tinggal di rumah-rumah mereka, memutus jaringan transportasi domestik dan melaksanakan tes massal untuk mengatasi wabah terbesar dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Selasa, China melaporkan 61 kasus domestik saat wabah varian Delta telah menyebar ke puluhan kota setelah kasus infeksi pada para petugas kebersihan bandara di Nanjing, yang kemudian memicu rantai kasus yang dilaporkan di seluruh negeri.

Kota-kota besar termasuk Beijing telah melakukan tes terhadap jutaan penduduknya, menutup kompleks permukiman, dan mengkarantina kontak terdekat orang yang terinfeksi.
Kota Yangzhou, di dekat Nanjing, merupakan pemerintah daerah terbaru yang memerintahkan warga diam di rumah setelah tes skala besar mendeteksi 40 kasus infeksi baru dalam beberapa hari terakhir.

Lebih dari 1,3 juta penduduk Yangzhou sekarang diam di rumah, di mana hanya satu orang dalam setiap rumah tangga yang diizinkan keluar rumah dalam sehari untuk belanja berbagai barang keperluan, seperti disampaikan pemerintah kota pada Selasa. [pan]

Baca juga:
Korea Selatan Catat Dua Kasus Covid-19 Varian Delta Plus
Infeksi Covid-19 Varian Delta di Antara Orang yang Divaksinasi Kemungkinan Menular
Varian Delta Picu Lonjakan Covid-19 di AS, Kasus Harian Capai 72.000
Jerman akan Berikan Suntikan Booster Covid-19 Mulai September
McDonald's Wajibkan Pemakaian Masker untuk Semua Karyawan dan Pelanggan
Dokter Nigeria Mogok Kerja karena Gaji Tak Dibayar di Tengah Pandemi Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini