Hot Issue

Selangkah Lagi Jelang Persekutuan Resmi Israel-Saudi

Selasa, 24 November 2020 07:17 Reporter : Hari Ariyanti
Selangkah Lagi Jelang Persekutuan Resmi Israel-Saudi MBS dan Netanyahu. ©Reuters

Merdeka.com - Untuk pertama kalinya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berkunjung ke Arab Saudi pada Minggu, di mana dia bertemu Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo.

Netanyahu berada di Neom, kota Laut Merah, selama lima jam untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi untuk pertama kalinya antara pemimpin Israel dan Saudi. Netanyahu didampingi Kepala Badan Intelijen Mossad Yossi Cohen.

Kabar pertemuan itu dikonfirmasi pada Senin oleh Menteri Pendidikan Israel, Yoav Gallant.

"Saya menyelamati perdana menteri atas pencapaian hebat ini," ujar Gallant di Radio Angkatan Darat, dikutip dari Times of Israel, Senin (23/11).

"Faktanya bahwa pertemuan itu berlangsung dan terbuka - walaupun hanya semi resmi, itu sesuatu yang luar biasa penting," lanjutnya.

Dia mengindikasikan, penerimaan hangat yang diterima pimpinan Israel itu sesuatu yang telah lama dimimpikan nenek moyang mereka.

Sebelumnya pada Senin, Pompeo mengatakan dia telah menggelar pertemuan "konstruktif" dengan putra mahkota Arab Saudi malam sebelumnya. Namun dia tak menyebut laporan terkait kehadiran Netanyahu.

Belum ada konfirmasi terkait laporan tersebut baik dari Israel, AS, maupun Arab Saudi. Namun, mengisyaratkan kunjungan tersebut, salah seorang pembantu Netanyahu menulis di Twitter terkait Menteri Pertahanan Benny Gantz yang meluncurkan penyelidikan skandal Angkatan Laut.

"Gantz bermain politik sementara perdana menteri membuat perdamaian," kicaunya.

Pejabat senior Hamas, Sami Abu Zuhri meminta penjelasan Saudi terkait pertemuan tersebut, menyebut kunjungan itu sebuah hinaan bagi bangsa Palestina dan dapat memicu pelanggaran hak-hak rakyat Palestina.

Radio Kan melaporkan pembicaraan dalam pertemuan itu fokus membahas Iran dan pemerintahan Joe Biden yang akan datang di AS.

Baca Selanjutnya: Jet pribadi Netanyahu ke Saudi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini