Sejumlah Pemimpin Dunia Sekutu Dekat AS Ucapkan Selamat Pada Joe Biden

Minggu, 8 November 2020 13:41 Reporter : Hari Ariyanti
Sejumlah Pemimpin Dunia Sekutu Dekat AS Ucapkan Selamat Pada Joe Biden Joe Biden. ©2020 AFP

Merdeka.com - Kemenangan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat terpilih disambut baik dengan ucapan selamat bahkan tawaran kerjasama oleh para pemimpin dunia yang merupakan sekutu AS.

"Saya menantikan kerja sama di masa depan dengan Presiden Biden, persahabatan transatlantik kita tidak tergantikan jika kita ingin menguasai tantangan besar di zaman kita," ucap Kanselir Jerman Angela Merkel dalam sebuah pernyataan di Twitter, dikutip dari Reuters, Minggu (8/11).

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, dia berharap untuk mengatasi “tantangan terbesar dunia” dengan pemerintahan baru termasuk perubahan iklim, masalah yang diperdebatkan oleh banyak negara dengan Trump.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson yang memiliki hubungan baik dengan Trump, juga mengangkat tema perubahan iklim dalam memberi selamat kepada Biden.

"AS adalah sekutu terpenting kita dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kita, dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan."

“Amerika telah memilih Presiden mereka, banyak yang harus kita lakukan untuk mengatasi tantangan hari ini, mari bekerja bersama!” Presiden Prancis Emmanuel Macron tweeted.

Irlandia dan India juga turut bahagia dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Joe Biden dan pasangannya Kamala Haris.

"Irlandia bangga dengan terpilihnya Joe Biden, sama seperti kami bangga dengan semua generasi perempuan dan pria Irlandia serta nenek moyang mereka yang kerja keras dan kejeniusannya telah memperkaya keragaman yang memperkuat Amerika,” jelas Perdana Menteri Micheal Martin dalam sebuah pernyataan.

"Kesuksesan Anda sangat berarti dan merupakan kebanggaan yang sangat besar tidak hanya untuk anak-anak Anda, tetapi juga untuk semua orang India-Amerika,” tulis Modi, menggunakan bahasa Tamil untuk sebutan “bibi” yang digunakan Harris ketika dia pencalonannya sebagai kandidat wapres.

Baca Selanjutnya: Ancaman Bagi Sayap Kanan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini