Sejarawan Temukan Harta Karun Emas dan Perak Sangat Langka dari Abad Pertengahan

Senin, 27 Maret 2023 17:22 Reporter : Merdeka
Sejarawan Temukan Harta Karun Emas dan Perak Sangat Langka dari Abad Pertengahan harta karun emas dan perak dari abad pertengehan. ©Archeologie-Friesland/Fleur Schinning

Merdeka.com - Sejarawan Belanda menemukan perhiasan emas dan perak amat sangat langka yang diduga berusia 800 tahun menggunakan detektor metalnya. Perhiasan yang diduga merupakan peninggalan dari masa perang itu ditemukan dalam kondisi terkubur di daerah rawa di sebuah kota kecil Hoogwoud, kawasan West Friesland.

Perhiasan yang ditemukan berupa delapan anting emas, dua helai daun emas, dan 39 koin silver.

Arkeolog di Museum Barang Antik Nasional Belanda (Rijksmuseum van Oudheden) menduga perhiasan tersebut sudah ada sejak Abad Pertengahan. Dalam pernyataan arkeolog tersebut kepada Live Science, perhiasan itu diduga merupakan kepunyaan dari seorang figur kuno kaya yang berkuasa.

“Perhiasan emas seperti ini hanya dimiliki oleh seseorang dengan kelas sosial tertinggi, jadi perhiasan ini hanya dimiliki oleh seseorang dengan kekayaan dan kekuasaan yang sangat tinggi, bahkan mungkin kepunyaan dari bangsawan Holland,” kata Lorenzo Ruijter, seperti dilansir laman Live Science.

Koin silver hasil penemuan sejarawan Belanda tersebut memiliki berbagai macam gaya, mulai dari hasil produksi lokal pada abad ke-13 hingga memiliki segel Kekaisaran Romawi Suci. Salah satu koin tersebut berasal dari tahun 1240-an, jadi mungkin saja koin tersebut dikubur karena pada tahun itu juga terjadi perang.

“Koin-koin itu berasal dari tahun 1247 atau 1248, berdekatan dengan perang antarpetani yang mengolah lahan rawa di wilayah yang dahulunya merupakan negara bagian Friesland Barat,” ucap Ruijter.

2 dari 2 halaman

Tidak dapat ditaksir

ditaksir

Sementara itu, arkeolog di Museum Barang Antik Nasional Belanda masih menyelidiki perhiasan emas hasil temuan sejarawan Belanda tersebut untuk mengetahui asal usul dan proses produksinya. Ruijter menambahkan ukiran yang terdapat pada emas tersebut menyiratkan Friesland merupakan daerah di mana emas tersebut berasal.

Annemarieke Willemsen, kurator koleksi kuno di Museum Barang Antik Nasional Belanda menyayangkan penemuan ini yang nilainya tidak dapat ditaksir.

“Sayangnya, kita belum tahu berapa nilai perhiasan ini karena kita tidak memiliki barang serupa yang dapat kita bandingkan dengan penemuan ini,” kata dia.

Ruijter menambahkan, “ini merupakan harta karun kuno yang autentik dan amat sangat langka.” Ruijter sendiri merasa takjub perhiasan penting ini akhirnya dapat ditemukan.

Reporter Magang: Qaulan Maruf Indra

Baca juga:
Ilmuwan Dapat Petunjuk dari Kawanan Domba tentang Kehidupan Pompeii di Masa Lalu
Temuan Pisau Tulang Sapi Ungkap Bagaimana Praktik Bedah 7.000 Tahun Lalu
Aneh, Pohon Tin Tumbuh Terbalik di Gua Romawi Kuno dan Berbuah
Zodiak Langka dan Lengkap Ditemukan di Atap Kuil Mesir Kuno, Ternyata Ini Fungsinya
Temuan Tangan Perunggu Berusia 3.500 Tahun Jadi Misteri Bagi Arkeolog
Turis Amerika Hilang Secara Misterius Saat Kunjungi Kota Kuno Bangsa Maya
Kota Berusia 6200 Tahun Ini Jadi Saksi Jatuh Bangunnya Sejumlah Peradaban Tua Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini