Sejarah Hadiah Nobel, Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia

Senin, 3 Oktober 2022 15:27 Reporter : Hari Ariyanti
Sejarah Hadiah Nobel, Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia Hadiah Nobel. ©theguardian.com

Merdeka.com - Awal Oktober adalah jadwal penganugerahan Hadiah Nobel. Selama enam hari, nama-nama pemenang enam kategori penghargaan bergengsi ini akan diumumkan. Biasanya para pemenang Nobel berasal dari kalangan ilmuwan, penulis atau sastrawan, ekonom, dan aktivis hak asasi manusia (HAM).

Di 2022 ini, pengumuman pemenang akan dimulai pada Senin (3/10) dan di hari pertama akan diumumkan pemenang Nobel Kedokteran. Pada hari berikutnya, Selasa (4/10) akan diumumkan pemenang Nobel Fisika. Kemudian pada Rabu (5/10) akan diumumkan pemenang Nobel Kimia, Nobel Sastra menyusul pada Kamis (6/10). Sementara itu untuk Nobel Perdamaian akan diumumkan pada Jumat (7/10) dan Nobel Ekonomi pada Senin, 10 Oktober.

Berikut sejarah penghargaan palin bergengsi di dunia ini, dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (3/10):

Siapa yang menciptakan penghargaan Nobel?

Penghargaan dalam bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian ini ditetapkan atas keinginan Alfred Nobel, industrialis kaya raya asal Swedia dan juga penemu dinamit. Penghargaan Nobel pertama diberikan pada 1901, lima tahun setelah wafatnya Alfred Nobel, yang meninggal pada 10 Desember 1896.

Setiap kategori penghargaan Nobel diberikan hadiah 10 juta kronor atau hampir USD900.000 (sekitar Rp13,7 miliar). Hadiah akan diserahkan beserta sertifikat dan medali emas pada 10 Desember, tanggal wafatnya Alfred Nobel.

Nobel Ekonomi, secara resmi disebut Penghargaan Bank Swedia untuk Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel - tidak dibentuk lembaga Nobel melainkan oleh bank sentral Swedia pada 1968.

Antara 1901 dan 2021, Penghargaan Nobel dan Nobel Ekonomi telah diberikan sebanyak 609 kali.

Larangan bagi juri

Berdasarkan regulasi atau aturan, juri dilarang membahas pertimbangan mereka dalam menetapkan pemenang selama 50 tahun.

Para juri berusaha keras untuk tidak memberikan petunjuk tentang pemenang sebelum pengumuman, tetapi terkadang ada informasi yang keluar. Bandar judi di Eropa terkadang menawarkan peluang terkait siapa saja yang berpotensi memenangkan Nobel perdamaian dan sastra.

Siapa yang bisa mengusulkan kandidat nominasi?

Ribuan orang di seluruh dunia diperbolehkan mengajukan nomonasi. Mereka biasanya dari kalangan profesor universitas, anggota parlemen, pemenang Nobel sebelumnya, dan anggota komite Nobel sendiri.

Walaupun nominasi pemenang Nobel dirahasiakan selama 50 tahun, mereka yang mengajukan kandidat kadang-kadang melontarkan tebakan mereka kepada publik, khususnya untuk Nobel Perdamaian.

Nobel dan Norwegia

Nobel Perdamaian diserahkan di Norwegia, sedangkan kategori lainnya diserahkan di Swedia. Ini merupakan keinginan Alfred Nobel.

Alasan Alfred Nobel untuk hal ini tidak jelas. Tapi semasa hidupnya, Swedia dan Norwegia tergabung dalam sebuah serikat atau persatuan, yang kemudian bubar pada 1905. Kadang-kadang muncul ketegangan antara Yayasan Nobel di Stockholm, yang mengelola hadiah uang, dan komite hadiah perdamaian yang sangat independen di Oslo.

2 dari 2 halaman

Syarat untuk menang Nobel

menang nobel

Kesabaran, yang utama. Para ilmuwan kerap harus menunggu puluhan tahun agar karya mereka diakui para juri Nobel, yang ingin memastikan terobosan para ilmuwan itu tak lekang oleh waktu.

Hal itu dinilai agak menyimpang dari wasiat Alfred Nobel, yang menyatakan bahwa penghargaan harus diberikan kepada "mereka yang, selama tahun sebelumnya, telah memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia".

Komite Nobel Perdamaian adalah satu-satunya yang secara teratur memberikan penghargaan atas pencapaian yang dibuat pada tahun sebelumnya.

Sesuai dengan keinginan Alfred Nobel, penghargaan itu harus diberikan kepada "orang yang berusaha paling banyak atau terbaik untuk persaudaraan antar bangsa, untuk penghapusan atau pengurangan tentara tetap dan untuk penyelenggaraan dan memajukan kongres perdamaian". [pan]

Baca juga:
Medali Nobel Perdamaian Jurnalis Rusia Terjual Rp1,5 Triliun
Jurnalis Rusia Pemenang Nobel Perdamaian Jual Hadiahnya untuk Anak-Anak Ukraina
Dunia Putin dan Bagaimana Koran Rusia Peraih Nobel Meliput Perang di Ukraina
Cak Imin Usulkan NU-Muhammadiyah Raih Nobel Perdamaian 2022-2023
Sejarah 21 Oktober 1833: Lahirnya Alfred Nobel, Sang Maestro Bahan Peledak
Duterte Beri Selamat kepada Jurnalis Pengkritiknya yang Raih Nobel Perdamaian
Maria Ressa & Dmitry Muratov, Jurnalis Filipina & Rusia Menang Nobel Perdamaian 2021

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini