Sejak Juli 2021 Saudi Masih Larang Warganya ke 16 Negara, Termasuk Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 11:17 Reporter : Pandasurya Wijaya
Sejak Juli 2021 Saudi Masih Larang Warganya ke 16 Negara, Termasuk Indonesia Pengunjung Pameran Buku Internasional di Riyadh. al-akhbar.com

Merdeka.com - Sejak 22 Juli 2021 warga negara Arab Saudi dibatasi untuk bepergian ke 16 negara, termasuk salah satunya Indonesia. Negara lainnya adalah Libanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, India, Yaman, Somalia, Ethiopia, Republik Kongo, Libya, Vietnam, Armenia, Belarusia, dan Venezuela.

Larangan ini menyusul kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Demikian dilansir laman Gulf News, Minggu (22/5).

Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) menegaskan masa berlaku paspor warga Saudi yang hendak bepergian ke negara non-Arab harus lebih dari enam bulan. Jawazat menjelaskan persyaratan itu dalam akun Twitter resmi.

Menurut pernyataan Jawazat, masa berlaku paspor warga Saudi harus lebih dari tiga bulan jika akan bepergian ke negara Arab. Sementara warga yang akan bepergian ke negara Dewan Kerjasawa teluk (GCC) maka masa berlaku paspornya harus lebih dari tiga bulan.

Persyaratan lainnya yang wajib dipenuhi warga Saudi yaitu sudah menerima tiga dosis vaksin Covid-19 atau belum lewati masa tiga bulan setelah vaksin kedua.

Jawazat menyatakan mereka yang berusia di bawah 16 dan 12 tahun harus sudah divaksin dua kali.

Sementara itu Al Arabiya melaporkan, Kementerian Kesehatan Saudi sudah memastikan kepada publik, belum ada kasus cacar monyet yang terdeteksi di Arab Saudi.

Dr Abdullah Asiri, wakil Menteri Kesehatan untuk bidang pencegahan mengatakan, sektor kesehatan Saudi mampu memantau dan menemukan dugaan kasus cacar monyet dan menanganinya.

"Ada definisi standar dari dugaan kasus cacar monyet dan untuk memastikannya kami memiliki cara pemantauan dan diagnosis di laboratorium."

"Hingga saat ini, kasus penularan antarmanusia sangat terbatas dan karena itu kemungkinan terjadi wabah, bahkan di negara yang sudah mendeteksi kasusnya sangat rendah," kata dia.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan saat ini sudah ditemukan 80 kasus cacar monyet di 11 negara dan angka itu diperkirakan akan bertambah. [pan]

Baca juga:
Suhu di Saudi saat Puncak Haji 2022 Diperkirakan 50 Derajat Celcius
Pemerintah Segera Setor Rp7,5 T Biaya Haji ke Arab Saudi, Ini Peruntukannya
Raja Salman dan Pangeran MBS Ucapkan Selamat Hari Kemenangan Perang Dunia II ke Putin
Saudi Peringatkan Jemaah Waspadai Situs Tawarkan Pendaftaran Haji dan Umrah
Raja Salman Kembali Masuk Rumah Sakit
Pertama Kali Sejak Pandemi, Salat Idulfitri di Masjidil Haram Berkapasitas Penuh
Raja Salman Sampaikan Selamat Idulfitri untuk Muslim di Seluruh Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini