Sederet sebab mengapa pembunuhan Khashoggi jadi sorotan dunia

Jumat, 26 Oktober 2018 07:35 Reporter : Pandasurya Wijaya
Sederet sebab mengapa pembunuhan Khashoggi jadi sorotan dunia jamal khashoggi. ©boingboing

Merdeka.com - Selama dua pekan terakhir nama Jamal Khashoggi menjadi sorotan dunia internasional. Dia adalah wartawan asal Arab Saudi yang dilaporkan hilang setelah memasuki kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki 2 Oktober lalu. Awalnya pemerintah Saudi menyangkal tudingan bahwa Khashoggi tewas dibunuh. Saudi mengatakan Khashoggi keluar dari kantor konsulat setelah menyelesaikan urusan dokumen yang diperlukan untuk pernikahannya dengan perempuan Turki.

Khashoggi dikenal sebagai penulis kolom di harian the Washington Post yang kerap mengkritik keras pemerintah Saudi. Sejak setahun terakhir pria yang merupakan orang dekat lingkaran kerajaan itu mengasingkan diri ke Amerika Serikat karena khawatir dengan keselamatannya.

Media Turki kemudian melaporkan sejumlah temuan yang memperkuat dugaan Khashoggi tewas dibunuh. Karena tekanan dunia internasional akhirnya Jumat lalu Saudi mengakui Khashoggi telah dibunuh. Dia dikatakan sempat adu mulut dengan sejumlah orang di kantor konsulat hingga terjadi perkelahian yang menyebabkan dia tewas.

Apa sebetulnya yang membuat kasus pembunuhan Khashoggi ini menjadi besar dan jadi sorotan dunia internasional? Berikut ulasannya hasil rangkuman merdeka.com:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini