Sederet penghargaan bergengsi Aung San Suu Kyi yang telah dicabut

Selasa, 13 Maret 2018 07:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta, Farah Fuadona
Aung San Suu Kyi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Gelar Perdamaian yang disandang Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi satu demi satu dicopot. Banyak yang menilai, gelar yang dimiliki oleh Suu Kyi tak sepadan dengan yang dilakukan pada Myanmar.

Suu Kyi dinilai hanya sedikit melakukan tindakan untuk menyelesaikan konflik Rohingya dengan militer Myanmar. Namun tindakannya tak menghasilkan apapun. Etnis Rohingya malah semakin banyak yang mengungsi di kamp pengungsian di perbatasan Bangladesh-Myanmar.

Rencana pemulangan pengungsi Rohingya dari kamp Cox's Bazar ke Myanmar terancam gagal. Bahkan Tentara Myanmar mengirim 200 pasukannya ke perbatasan, tempat di mana pengungsi Rohingya berada. Mereka berdalih pengiriman pasukan ini untuk operasi anti terorisme.

Tentu langkah Myanmar ini langsung dikritik Bangladesh. badan Pengungsi PBB juga khawatir dengan adanya peningkatan jumlah militer Myanmar di sana.

Seperti dirangkum Merdeka.com, Senin (12/3), beberapa gelar perdamaian Suu Kyi dicopot karena tidak bisa mengatasi kasus Rohingya.

Topik berita Terkait:
  1. Konflik Myanmar
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini