Sederet Alasan Rakyat Amerika Dukung Presiden Donald Trump Dilengserkan

Kamis, 23 Januari 2020 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Sederet Alasan Rakyat Amerika Dukung Presiden Donald Trump Dilengserkan Donald Trump. ©2019 AFP Photo

Merdeka.com - Sebagian rakyat Amerika Serikat (AS) mendukung senat untuk melengserkan Presiden AS Donald Trump. Menurut hasil polling CNN, sebanyak 51 persen masyarakat Amerika mendukung Trump dilengserkan. Sedangkan 45 persen lainnya tidak setuju.

Kemudian 69 persen ingin persidangan selanjutnya menghadirkan saksi yang belum pernah bersaksi dalam penyelidikan pemakzulan DPR.

Polling CNN dilakukan oleh SSRS pada 16 Januari hingga 19 Januari 2020 dengan sampel acak dari 1.156 orang dewasa yang dihubungi melalui telepon rumah atau ponsel secara langsung. Hasil untuk sampel lengkap memiliki margin error pengambilan sampel plus atau minus 3,4 poin persentase.

Dari hasil polling CNN, masyarakat Amerika setuju agar Trump dilengserkan. Apa alasannya?

1 dari 4 halaman

Menyalahgunakan Kekuasaan

Menurut polling CNN, mayoritas masyarakat Amerika punya tuduhan masing-masing soal Trump. Sebanyak 58 persen mengatakan Trump menyalahgunakan kekuasaan kepresidenan untuk mendapatkan keuntungan politik pribadi dan 57 persen mengatakan Trump menghalangi House of Representatives dalam penyelidikan pemakzulan.

2 dari 4 halaman

Soal Penanganan Perdagangan Luar Negeri

Sejak Desember 2019, Senat memilih untuk meratifikasi kesepakatan perdagangan Amerika Utara yang baru yang dinegosiasikan Presiden dengan Kanada dan Meksiko, yang dikenal sebagai USMCA. Untuk masalah ini, sebanyak 45 persen setuju dan dan 46 persen tidak setuju.

Namun tentang kondisi ekonomi bisa lebih baik, dan 55 persen setuju dengan hal itu.

3 dari 4 halaman

Soal Permasalahan AS dengan Iran

Untuk penanganan situasi dengan Iran yang kini makin memanas, sebagian masyarakat tidak setuju dengan cara Trump. Dalam jajak pendapat CNN, 42 persen setuju dengan cara Trump dan 53 persen tidak setuju.

Kemudian 49 persen orang Amerika membenarkan pembunuhan Mayor Jenderal Qassim Soleimani dan 45 persen tidak setuju.

4 dari 4 halaman

Pandangan Warga AS Tentang Iran

Masyarakat AS memandang Iran sebagai ancaman serius. Menurut polling CNN, 43 persen menyebut Iran sebagai ancaman yang serius. Polling itu muncul pada Mei 2019, sebanyak 22 persen dari Partai Demokrat menyebut Iran ancaman yang sangat serius, saat ini sebanyak 50 persen mengatakan hal yang sama.

Kemudian 40 persen setuju Iran sebagai ancaman serius dan 39 persen dari Partai Republik setuju dengan hal yang sama. [dan]

Baca juga:
Ahmad Hamzah Tawarkan Hadiah Rp40 Miliar Bagi Orang yang Bisa Bunuh Trump
Donald Trump Cerita Detik-detik Jenderal Soleimani Tewas
Fakta-fakta Amerika Serikat Jadikan Perang Sebagai Lahan Basah Mencari Uang
Sidang Pemakzulan Presiden Donald Trump Tingkat Senat Mulai Digelar
Bisnis Menggiurkan Trump di Timur Tengah: Jual Tentara

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini