Saudi Tegaskan Dukungan untuk Negara Palestina & Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota

Kamis, 20 Mei 2021 15:56 Reporter : Hari Ariyanti
Saudi Tegaskan Dukungan untuk Negara Palestina & Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Yerusalem Timur. keepjerusalem.org

Merdeka.com - Arab Saudi telah memperjelas pentingnya menghentikan provokasi di Yerusalem Timur dan eskalasi di Gaza. Hal ini ditegaskan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan pada Rabu.

Kepada Al Arabiya, Pangeran Faisal mengatakan dia merasakan pemahaman pentingnya menghentikan eskalasi di Gaza dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Pangeran Faisal juga mempertegas kembali sikap Riyadh yang disampaikan sebelumnya bahwa tidak akan ada stabilitas di Timur Tengah tanpa solusi komprehensif atas konflik Palestina-Israel.

Dia menegaskan kembali dukungan Arab Saudi terhadap negara Palestina, berdasarkan perbatasan 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

“Posisi kami jelas, yang telah mencapai solusi permanen berdasarkan Inisiatif Arab,” tegasnya, dikutip dari Al Arabiya, Kamis (20/5).

Inisiatif Perdamaian Arab merupakan proposal untuk mengakhiri konflik Arab-Israel, yang disetujui Liga Arab pada 2002 di KTT Beirut.

“Kami akan menyerukan komunitas internasional untuk menghentikan pertumpahan darah di di Majelis Umum PBB,” kata Pangeran Faisal.

Badan PBB tersebut dijadwalkan bertemu pada Kamis setelah AS tiga kali memblokir pernyataan Dewan Keamanan PBB terkait serangan Israel ke Gaza.

Washington tidak bisa memveto atau memblokir pernyataan atau sikap dari Majelis Umum.

“Kita harus bekerja untuk menghentikan kekerasan, apakah itu di Yerusalem Timur atau Gaza,” ujarnya, sembari menegaskan kembali solidaritas Saudi untuk warga Palestina yang menderita karena serangan Israel. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini