Saudi siap dukung Israel serang Iran

Minggu, 17 November 2013 11:45 Reporter : Pandasurya Wijaya
Saudi siap dukung Israel serang Iran raja arab saudi. REUTERS

Merdeka.com - Israel dan Arab Saudi bekerja sama untuk menyerang Iran. Saudi juga akan mengizinkan Israel melintasi wilayah udara negeri itu untuk menyerang Iran. Tak hanya itu, Saudi juga akan menyediakan pesawat tanpa awak, helikopter penyelamat, dan pesawat tanker.

Surat kabar asal inggris The Sunday Times menerbitkan laporan mengejutkan itu baru-baru ini. Penyerangan itu merupakan langkah antisipasi jika pembicaraan di Jenewa, Swiss, antara Negara Barat dan Iran pekan ini gagal memaksa Iran menghentikan program nuklirnya, seperti dilansir surat kabar Haaretz, Ahad (17/11).

"Ketika perjanjian Jenewa ditandatangani maka pilihan untuk melancarkan serangan militer akan kembali dipertimbangkan. Pihak Saudi sangat marah dan bersedia mendukung penuh Israel," ujar Times mengutip sejumlah sumber.

Iran kini tengah bernegosiasi dengan Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan China, di Jenewa untuk membahas pencabutan sanksi dan program nuklir Iran.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam wawancara dengan stasiun televisi CNN, program nuklir Iran merupakan ancaman nyata bagi Israel dan pencabutan sanksi terhadap Iran akan membuat Negeri Mullah itu terus mengembangkan nuklirnya hingga bisa memicu konflik di masa depan.

Badan INtelijen Israel Mossad dilaporkan bekerja sama dengan sejumlah pejabat Saudi untuk merancang kerjasama usai penandatangan perjanjian soal nuklir Iran di Jenewa.

Baca Juga:

Tentara Israel tangkap dan borgol empat bocah Palestina

Israel ingin bangun taman nasional di daerah sensitif Yerusalem

Ahli forensik Israel curi organ tubuh dari jasad warga Palestina

Remaja Palestina tusuk tentara Israel di bus hingga tewas [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Arab Saudi
  2. Israel
  3. Iran
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini