'Saudi pakai uang buat bungkam dunia tentang krisis di Yaman'

Jumat, 28 April 2017 07:45 Reporter : Pandasurya Wijaya
'Saudi pakai uang buat bungkam dunia tentang krisis di Yaman' tentara saudi di yaman. ©CBS News

Merdeka.com - Arab Saudi memimpin pasukan koalisi menggempur Yaman sejak Maret 2015. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut kini dua pertiga dari 18, 8 juta rakyat Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Direktur Hak Asasi untuk Yaman Kim Sharif meyakini Saudi memakai pundi-pundi uangnya untuk membungkam dunia internasional tentang apa yang terjadi di Yaman.

"Komunitas internasional hanya sekumpulan hipokrit. Sejarah akan menulis bahwa inilah zaman kemunafikan. Orang-orang dibuat tutup mulut dengan uang dari Saudi," kata dia, seperti dilansir Press TV, Kamis (27/4).

Sharif juga mengecam sejumlah negara yang menjual senjata kepada Saudi. Dia menyebut negara-negara itu tidak pedull berapa juta rakyat Yaman tewas.

Menurut Sharif, para milisi yang pro Presiden Abdur Rabbuh Mansur Hadi adalah teroris macam Al Qaidah dan ISIS yang melakukan berbagai kekejaman di Yaman.

Kamp pengungsi di Yaman ©AFP PHOTO/Ahmad AL-BASHA

Mansur Hadi melarikan diri dari Ibu Kota Sanaa setelah kota itu diserang pemberontak Houthi pada 2015. Houthi menuding Mansur Hadi dan jajarannya korup dan melakukan perlawanan bersenjata hingga menguasai Sanaa. Saudi yang mendukung rezim Mansur Hadi kemudian melancarkan gempuran ke pemberontak Houthi hingga menyebabkan perang tak berkesudahan di Yaman hingga kini.

Sharif menekankan perlu dilakukan penyelidikan independen secara internasional untuk memastikan siapa yang bertanggung jawab atas krisis kemanusiaan di Yaman. Dia juga menyerukan agar Saudi menghentikan bombardir ke Yaman. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini