Saudi-Israel Gelar Pertemuan Rahasia Bahas Wewenang Otoritas Masjid Al-Aqsa

Jumat, 5 Juni 2020 08:47 Reporter : Pandasurya Wijaya
Saudi-Israel Gelar Pertemuan Rahasia Bahas Wewenang Otoritas Masjid Al-Aqsa Masjid di sejumlah negara sepi gara-gara corona. ©AHMAD GHARABLI/AFP

Merdeka.com - Arab Saudi dan Israel kini dalam proses komunikasi membahas peluang Saudi untuk memperoleh otoritas dalam mengelola kawasan Islam di wilayah Yerusalem, termasuk masjid suci ketiga umat Islam di seluruh dunia, Al-Aqsa.

Kabar ini diungkap harian Israel dan langsung dibantah oleh kedua pihak.

Pertemuan Riyadh-Tel Aviv berlangsung dalam komunikasi rahasia melalui para diplomat dan jajaran penting di pemerintahan Israel, Amerika Serikat, dan Arab Saudi. Upaya ini adalah bagian dari Kesepakatan Abad Ini yang digagas AS untuk perdamaian Palestina-Israel. Demikian dikatakan koran Israel Hayom, mengutip para diplomat tingkat tinggi Saudi, seperti dilansir laman Al Araby pekan ini.

"Ini adalah perundingan yang sensitif dan rahasia dari tim kecil diplomat dan pejabat senior dari Israel, AS, dan Arab Saudi sebagai bagian dari negosiasi perundingan Kesepakatan Abad Ini," ujar diplomat senior Saudi kepada Israel Hayom.

Laporan dari harian Israel itu juga mengungkap posisi Yordania yang awalnya menolak keras perubahan otoritas di Dewan Wakaf Islam Masjid Al-Aqsa karena saat ini ada aktivitas Turki di kawasan suci itu.

Baca Selanjutnya: Yordania melunak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini