Satu Lagi Tersangka Pembunuhan George Floyd Dibebaskan dengan Jaminan

Minggu, 21 Juni 2020 14:26 Reporter : Hari Ariyanti
Satu Lagi Tersangka Pembunuhan George Floyd Dibebaskan dengan Jaminan Kerusuhan pecah di Minneapolis. ©REUTERS/Eric Miller

Merdeka.com - Satu lagi mantan anggota kepolisian Minneapolis, Amerika Serikat (AS) yang tengah menunggu persidangan atas kematian George Floyd dibebaskan dari penjara dengan uang jaminan.

Mantan anggota polisi tersebut, J Alexander Kueng diduga terlibat dalam penangkapan yang mengakibatkan hilangnya nyawa Floyd, warga kulit hitam AS pada 25 Mei lalu.

Kueng mengeluarkan uang jaminan sebesar USD 750.000 atau sekitar Rp10,6 miliar dan meninggalkan Lapas Hannepin County pada Jumat malam dengan status "jaminan dan pembebasan bersyarat." Demikian dikutip dari CNN, Minggu (21/6).

Kueng adalah salah satu dari empat petugas yang terlibat dalam penangkapan Floyd bertepatan dengan Memorial Day. Floyd ditangkap karena diduga menggunakan uang kertas pecahan USD 20 palsu. Penangkapan yang kemudian menyebabkan kematian Floyd, telah memicu unjuk rasa global terhadap ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi.

Anggota polisi lainnya, Thomas Lane (37) dibebaskan awal bulan ini dengan jaminan yang sama sekitar Rp10,6 miliar.

Proses penangkapan Floyd direkam oleh saksi mata. Rekaman itu kemudian menyebar dan memicu kemarahan.

Rekaman itu menunjukkan anggota polisi bernama Derek Chauvin berlutut di leher Floyd selama hampir 9 menit. Floyd berulang kali mengeluh tidak bisa bernapas dan dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Chauvin didakwa melakukan pembunuhan tingkat dua. Tiga petugas lainnya - Lane, Kueng dan Tou Thao - didakwa membantu dan terlibat pembunuhan tingkat dua.

Uang jaminan Chauvin ditetapkan sebesar USD 1,25 juta atau sekitar Rp17,8 miliar. Seperti ketiga koleganya, Chauvin ditawari pengurangan uang jaminan sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp14,2 miliar jika ia menyetujui persyaratan tertentu, termasuk tidak bekerja di bidang keamanan atau penegakan hukum, tidak memiliki kontak dengan keluarga Floyd, tidak meninggalkan Minnesota dan menyerahkan semua senjata api dan izinnya. Jika dia mengeluarkan jaminan, pembebasannya akan diawasi.

Tiga petugas lainnya masing-masing ditahan dengan jaminan Rp14,2 miliar, tetapi dikurangi menjadi Rp10,6 miliar dengan ketentuan. Sementara itu Chauvin dan Thao tetap ditahan. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini