Sarkozy hina Israel di forum ekonomi dunia

Rabu, 30 Januari 2013 20:07 Reporter : Ardini Maharani
Sarkozy hina Israel di forum ekonomi dunia Sarkozy. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy harus membayar Rp 1,9 miliar lantaran memaki-maki Israel di depan pebisnis Yahudi pada Forum Ekonomi Dunia diadakan di Kota Davos, Swiss.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (30/1), Sarkozy telah membuktikan pro-Palestina dengan berbicara blak-blakan dalam forum itu meski gabungan pengusaha Israel membayar dia untuk jadi pembicara tak berarti kalimat Sarkozy bisa disetir. Dia mengatakan hanya tanah Palestina menjadi masa depan Timur Tengah.

Sarkozy menyerang Israel dengan mengatakan negara itu hanya bisa berlindung dibalik Tembok Jeriko. Suami Carla Bruni itu bahkan menginstruksikan agar tembok itu diruntuhkan untuk mencegah bencana lebih parah. Dia juga mengajak dunia agar memaksa Israel memberikan hak warga Palestina.

Surat kabar Times of Israel mengatakan itu pidato Sarkozy terburuk dan dia hanya mengungkapkan kekecewaannya pada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Atas kejadian itu banyak tamu menuntut pihak penyelenggara dan mengancam mengambil donasi mereka. Kalangan pebisnis Yahudi menilai Sarkozy hanya cari muka untuk pencalonan dirinya kembali ke pemilihan umum Prancis dengan berbicara di konferensi internasional. [din]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini