Sarang Dinosaurus Berisi Ratusan Telur Ditemukan, Ungkap Temuan Kontroversial

Selasa, 24 Januari 2023 18:19 Reporter : Hari Ariyanti
Sarang Dinosaurus Berisi Ratusan Telur Ditemukan, Ungkap Temuan Kontroversial dinosaurus. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekitar 70 juta tahun yang lalu, titanosaurus sebesar bus sekolah melintasi wilayah yang saat ini India tengah barat untuk bertelur di tepi sungai. Walaupun hewan purba ini telah lama punah, banyak sarang mereka tetap utuh, dipenuhi telurnya yang membantu.

Telur-telur ini mengungkapkan petunjuk bagaimana herbivora besar ini bersarang dan bertelur, dan apakah mereka merawat anak mereka.

Sarang-sarang itu ditemukan di negara bagian Madhya Pradesh, India. Menurut penelitian yang terbit di jurnal PLOS One, sarang itu ditutupi rapat dan diduga induk titanosaurus meninggalkan anak-anaknya segera setelah bertelur. Telur disembunyikan dengan rapat agar tidak terinjak kaki induknya ketika hewan purba itu melintas di wilayah tersebut.

Para peneliti menemukan 92 tempat bersarang yang menampung total 256 telur, yang kemungkinan besar diletakkan oleh enam spesies titanosaurus, dikutip dari laman Live Science, Selasa (24/1).

Para penulis mengungkap harta karun telur titanosaurus ini melalui serangkaian investigasi lapangan yang dilakukan antara 2017 dan 2020. Setelah memeriksa fosil, mereka menemukan dua famili dan enam spesies telur (dikenal sebagai oospesies).

"Saat ini, tiga taksa titanosaurid diketahui dari batuan Cretaceous di India," jelas penulis pertama studi Harsha Dhiman, seorang peneliti di Departemen Geologi di Universitas Delhi.

Menurut Dhiman, temuan enam oospesies menunjukkan masih banyak spesies titanosaurus yang harus ditemukan di wilayah tersebut.

2 dari 2 halaman

Michael D. D'Emic, seorang profesor biologi di Universitas Adelphi yang mempelajari evolusi dinosaurus tetapi tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan tidak jelas apakah telur-telur ini diletakkan pada saat bersamaan atau selama bertahun-tahun, jadi tidak diketahui seberapa padat sarang "aktif" itu.

Darla Zelenitsky, profesor paleobiologi dinosaurus di Universitas Calgary di Kanada yang tidak terlibat dengan penelitian mengatakan, para peneliti menyimpulkan dinosaurus ini mengubur telur mereka di sarang dekat danau dan sungai. Ini tidak terlalu berbeda dengan apa yang dilakukan buaya hari ini.

"Para peneliti menemukan hampir 100 sarang dinosaurus raksasa ini, yang merupakan jumlah yang sangat mengejutkan," kata Zelenitsky kepada Live Science melalui email.

"Jumlah ini mungkin hanyalah puncak gunung es karena banyak kemungkinan masih belum ditemukan - tersembunyi oleh batu, tanah atau tumbuhan. Terus terang, sangat mengejutkan bahwa penemuan sebesar ini terjadi," jelasnya. [pan]

Baca juga:
Temuan Batu Kuno di Gurun Gobi Ungkap Hewan Raksasa Prasejarah Tapi Bukan Dinosaurus
Temuan Fosil di China Ungkap Bagaimana Cara Dinosaurus Berjalan Sebelum Punah
Ilmuwan Temukan Bukti Pertama Dinosaurus Makan Mamalia, Tidak Seperti Jurassic Park
Jejak Kaki Spesies Dinosaurus Berusia 168 Juta Tahun Ditemukan di Atap Gua
Ilmuwan Ungkap Ada Hal Lain Penyebab Dinosaurus Mulai Punah Sebelum Dihantam Asteroid
Dinosaurus yang Bisa Hidup di Air Ditemukan di Mongolia
Pemburu Fosil Amatir Kaget Bisa Temukan Kerangka Hewan Purba Berusia 100 Juta Tahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini