Sadiq Khan, anak sopir bus yang jadi wali kota muslim pertama London

Minggu, 8 Mei 2016 09:00 Reporter : Muhammad Radityo
Sadiq Khan, anak sopir bus yang jadi wali kota muslim pertama London Sadiq Khan walikota London muslim pertama. ©2016/WallstreetJournal

Merdeka.com - Kemenangan Sadiq Khan kandidat asal Partai Buruh sebagai seorang Wali Kota London yang baru menggantikan Boris Johnson menjadi kontroversial, lantaran dia adalah seorang muslim. Berangkat dari kelompok minoritas, Khan terlahir dari keluarga imigran Pakistan.

Bersama tujuh saudara kandung, Khan tumbuh dari sebuah kota kecil di London Selatan, Tooting. Sang ayah bekerja sebagai sopir bus dan sang ibu berprofesi sebagai penjahit ini menyokong pendidikan putranya hingga masuk jurusan hukum di Universitas London Utara.

Setelah lulus, Khan mengawali karir sebagai seorang pengacara bidang Hak Asasi Manusia. Memasuki karir politik, Khan yang sudah terjun sebagai anggota Partai Buruh sejak usia 15 tahun, pernah menjabat sebagai anggota majelis di Wandsworth, dimana daerah tersebut dikuasai oleh partai rival, Konservatif.

Dalam sepak terjangnya, Khan acap kali dipercaya pegang jabatan sekelas menteri. Contoh di tahun 2008, Perdana Menteri Gordon Brown memberi Khan jabatan menteri transportasi London untuk tahun 2009 dan 2010. [ard] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini