Sadap dan kuntit 30 tokoh penting Iran, mata-mata Mossad divonis mati

Rabu, 25 Oktober 2017 11:55 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Sadap dan kuntit 30 tokoh penting Iran, mata-mata Mossad divonis mati MOSSAD Israel. ©blogspot.com

Merdeka.com - Pengadilan di Iran dikabarkan menjatuhkan vonis mati terhadap seseorang dianggap sebagai agen badan Intelijen Israel, Mossad. Dia dituding melakukan operasi telik sandi dengan menguntit dan menyadap percakapan sekitar 30 tokoh penting di negara itu kepada Israel.

Dilansir dari laman Associated Press, Rabu (25/10), kabarnya vonis pengadilan itu dijatuhkan pada Selasa kemarin. Menurut jaksa penuntut umum, Abbas Jafari Dolatabadi, terdakwa yang identitasnya dirahasiakan itu menyerahkan profil dan hasil operasinya kepada agen penghubung Mossad dalam sejumlah kesempatan berbeda.

Menurut Abbas, 30 tokoh penting di Iran yang dikuntit oleh mata-mata Mossad itu terlibat dalam penelitian proyek nuklir dan militer. Dua di antaranya, pakar nuklir Majid Shahriari dan fisikawan Masoud Ali Mohammadi, tewas dalam serangan bom tujuh tahun lalu.

Menurut laporan persidangan, sebagai imbalan atas informasinya, agen Mossad itu dibayar dengan sejumlah uang dan punya rumah di Swedia. Tidak diketahui apakah mata-mata itu orang Iran atau Israel. [ary]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini