Saat Klaster Covid-19 Gedung Putih di Lingkaran Presiden Trump Terus Bertambah

Selasa, 6 Oktober 2020 08:28 Reporter : Iqbal Fadil
Saat Klaster Covid-19 Gedung Putih di Lingkaran Presiden Trump Terus Bertambah Presiden AS Donald Trump saat tiba di Walter Reed Medical Center. ©2020 AFP/SAUL LOEB

Merdeka.com - Satu per satu pejabat dan orang dekat Presiden Amerika Donald Trump tertular Covid-19. Beberapa dari mereka dinilai meremehkan pandemi dengan abai memakai masker.

Senin (5/10), Juru Bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany menyampaikan dirinya telah dites positif Covid-19. McEnany menekankan bahwa sebelumnya dia telah diuji secara negatif secara konsisten dan tidak mengalami gejala.

McEnany menjadi bagian dari klaster penularan virus corona terbaru di Gedung Putih setelah Presiden Trump dan Ibu Negara Melania mengumumkan positif Covid-19 pada Jumat pekan lalu.

Pertanyaan pun muncul seberapa luas wabah di West Wing (kantor Presiden Trump di Gedung Putih) akan terjadi.

Seperti diansir dari laman CNN, diagnosis positif McEnany adalah pengingat yang jelas bahwa sikap pemerintah telah mengabaikan sains dan praktik terbaik sebelum dan bahkan setelah Presiden dinyatakan positif.

McEnany dalam berbagai kesempatan terus mengabaikan penggunaan masker secara terbuka pada hari-hari sejak Presiden Donald Trump dan staf lain serta penasihat dari luar dinyatakan positif terkena virus.

Dia dijadwalkan tampil di Fox News pada Senin pagi tetapi dibatalkan. McEnany kemudian berbagi kabar melalui akun Twitternya bahwa dia positif terkena virus corona.

Dua deputi McEnany, Chad Gilmartin dan Karoline Leavitt, juga dinyatakan positif terkena virus corona, dua sumber mengatakan kepada CNN Senin sore. Staf pers Gedung Putih bekerja dari jarak jauh, kata seorang pejabat, tetapi beberapa pekerja penting masih terlihat di Gedung Putih setelah Trump dinyatakan positif.

McEnany juga menulis hari Senin bahwa dia akan memulai proses karantina, yang berarti dia akan mengisolasi.

Ketika Gedung Putih melakukan pelacakan kontak setelah diagnosis penasihat utama Trump, Hope Hicks, McEnany diberi tahu bahwa dia telah menjadi kontak dekat Hicks, dan ditarik dari perjalanan penggalangan dana Presiden ke New Jersey.

Dia tidak diberitahu sampai sore itu bahwa Hicks dinyatakan positif, menegaskan kembali dalam pernyataannya hari Senin bahwa dia "secara pasti tidak memiliki pengetahuan" tentang itu sebelum pengarahan.

McEnany mengatakan dia dites negatif "setiap hari sejak Kamis."

daftar klaster covid 19 gedung putih
Klaster Covid-19 Gedung Putih©CNN.com

Namun, dia tidak mengambil langkah apa pun untuk mengisolasi dirinya karena dia diketahui berhubungan dekat dengan Hicks.

McEnany terakhir kali memberi pengarahan kepada wartawan di ruang rapat pada Kamis pagi, beberapa jam sebelum berita tentang diagnosis Presiden. Pada hari Jumat, dia muncul di Fox News dan melepas maskernya untuk berbicara dengan wartawan di jalan masuk Gedung Putih. Dia berbicara dengan wartawan lagi pada Minggu malam, dan tidak memakai masker.

McEnany mengatakan kepada wartawan hari Minggu bahwa Gedung Putih tidak akan merilis jumlah staf West Wing yang dites positif, dengan alasan masalah privasi. Dia juga menolak memberikan batas waktu spesifik kapan presiden dites ketika ditanya wartawa berulang kali.

2 dari 2 halaman

Selain Presiden dan ibu negara Melania Trump, ada beberapa kasus positif virus korona yang diketahui di atau dekat Gedung Putih, termasuk Hicks, Asisten Trump Nicholas Luna, staf pers yang tidak disebutkan namanya.

Kemudian ada mantan penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway, Manajer kampanye Trump, Bill Stepien, Ketua Komite Nasional Republik Ronna McDaniel, mantan Gubernur New Jersey Chris Christie, dan Senator Republik Thom Tillis, Mike Lee, dan Ron Johnson.

McEnany, jubir keempat Trump, mengambil peran di tengah pandemi pada awal April setelah menjabat sebagai sekretaris pers kampanye Trump 2020. Seorang lulusan Sekolah Hukum Harvard, McEnany menjadi terkenal secara nasional - dan juga menarik perhatian kandidat Trump saat itu - selama pemilihan presiden 2016, ketika dia sering mengudara sebagai komentator politik CNN. Setelah pemilihan, dia bergabung dengan Komite Nasional Republik sebagai juru bicara sebelum bergabung dengan kampanye.

Sejak April, dia telah mengadakan konferensi pers, sebagian besar setiap minggu, dan sering berbicara atas nama pemerintahan Trump di Fox News.

[bal]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini