Rusia Klaim Efektivitas Vaksin Covid-19 Sputnik V Capai 92 Persen

Kamis, 12 November 2020 09:23 Reporter : Hari Ariyanti
Rusia Klaim Efektivitas Vaksin Covid-19 Sputnik V Capai 92 Persen Vaksin Sputnik V. Russian Direct Investment Fund (RDIF)/Handout via REUTERS ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Vaksin Rusia, Sputnik V diklaim memiliki efektivitas 92 persen melindungi orang dari Covid-19, menurut hasil uji coba sementara.

Hasil ini muncul menyusul data yang dirilis pada Senin oleh Pfizer Inc dan BioNTech, yang mengatakan bahwa suntikan vaksin mereka juga memiliki efektivitas lebih dari 90 persen.

Hasilnya didasarkan pada data dari 16.000 peserta uji coba pertama yang menerima kedua suntikan vaksin dua dosis.

"Kami menunjukkan, berdasarkan data, bahwa kami memiliki vaksin yang sangat efektif," klaim kepala RDIF, Kirill Dmitriev.

Apa yang disebut uji coba Fase III berlangsung di 29 klinik di seluruh Moskow dan akan melibatkan 40.000 sukarelawan secara total, dengan seperempat menerima suntikan plasebo.

RDIF mengatakan, kemungkinan tertular Covid-19 adalah 92 persen lebih rendah di antara orang yang divaksinasi dengan Sputnik V daripada mereka yang menerima plasebo

Hasil itu jauh di atas ambang efektivitas 50 persen untuk vaksin Covid-19 yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

RDIF mengatakan data dari penelitian tersebut akan diterbitkan dalam jurnal medis terkemuka setelah tinjauan sejawat. Hasil uji coba tahap awal Rusia ditinjau sejawat dan diterbitkan pada bulan September di jurnal medis The Lancet.

Baca Selanjutnya: Tekanan Politik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini