Rusia kirim pesawat dan kapal perang ke Suriah

Reporter : Pandasurya Wijaya | Selasa, 19 Februari 2013 18:02
Rusia kirim pesawat dan kapal perang ke Suriah
pesawat bantuan kemanusiaan Rusia. ©Reuters

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Rusia mengatakan hari ini dua pesawat dan empat kapal perang telah diberangkatkan dari Ibu Kota Moskow ke Laut Mediterania untuk mengevakuasi warga Rusia di Suriah jika situasi keamanan semakin memburuk.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-JalanStasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Selasa (19/2), pemerintah Rusia juga mengatakan empat kapal itu akan bergabung dengan kapal pengawal dan kapal-kapal kecil yang telah berada di perairan itu.

Sebuah sumber dari militer Rusia menyebutkan tugas utama mereka adalah mengevakuasi warga Rusia di Suriah.

"Meski tugas kami belum diumumkan namun melihat perkembangan terakhir di Suriah, kemungkinan besar kami akan bertugas mengevakuasi warga Rusia," kata sumber tersebut.

Rusia sebelumnya telah mengirimkan dua pesawat ke Suriah untuk mengevakuasi warganya. Kantor berita Interfax mengutip pernyataan dari komunitas Rusia di Suriah yang menyebutkan sebanyak 150 warga Rusia bisa diangkut oleh pesawat itu.

Dua pesawat bermuatan bahan bantuan kemanusiaan seberat 40 ton bagi warga Suriah telah berangkat dari Ibu Kota Moskow menuju kota pelabuhan Latkia. Pesawat itu juga bisa mengevakuasi warga Rusia jika diperlukan.

Pada Januari lalu pemerintah Rusia telah memulangkan 77 warganya melalui Ibu Kota Beirut, Libanon, menggunakan dua pesawat.

Menurut media Rusia, saat ini tercatat ada sekitar delapan ribu warga Rusia yang terdaftar di konsulat Suriah dan sebanyak 25 ribu perempuan Rusia telah menikah dengan warga Suriah dan tinggal di sana.

[fas]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Rusia# Suriah

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE