Rumah Sakit Prancis Hentikan Operasi karena Marak Serangan Siber Minta Uang Tebusan

Senin, 5 Desember 2022 16:16 Reporter : Hari Ariyanti
Rumah Sakit Prancis Hentikan Operasi karena Marak Serangan Siber Minta Uang Tebusan Ilustrasi operasi. ©Shutterstock.com/Naypong

Merdeka.com - Rumah sakit di Versailles, Prancis harus membatalkan operasi dan memindahkan beberapa pasien setelah mengalami serangan siber pada akhir pekan kemarin.

Menteri Kesehatan Prancis, Francois Braun mengatakan, enam pasien dipindahkan pada Sabtu malam; tiga dari ICU dan tiga pasien dan unit bersalin. Pasien lainnya, lanjut Braun yang berkunjung ke rumah sakit, mungkin bakal dipindah juga.

Dikutip dari France 24, Senin (5/12), Badan Kesehatan Regional (ARS) menyampaikan, rumah sakit tersebut juga membatalkan operasi dan melakukan berbagai upaya agar pelayanan dan konsultasi tetap berjalan.

Braun mengatakan, staf tambahan harus dikerahkan ke ICU karena, meskipun mesin di sana masih berfungsi, diperlukan lebih banyak petugas untuk mengawasi layar karena tidak lagi berfungsi sebagai bagian dari jaringan.

Dia menambahkan, serangan siber ini mendorong "reorganisasi total rumah sakit".

Kantor kejaksaan Paris telah membuka penyelidikan awal terkait peretasan data dan upaya pemerasan, setelah rumah sakit mengajukan laporan resmi pada Minggu.

Dalam beberapa bulan terakhir, rumah sakit dan sistem kesehatan di Prancis menjadi target serangan peretas.

Pada Agustus, rumah sakit Corbeil-Essonnes di pinggiran kota Paris juga menjadi target serangan siber. Peretas meminta uang tebusan sebesar USD10 juta dan akhirnya diturunkan menjadi USD1 juta sampai USD 2 juta.

Peretas memberikan tenggat waktu bagi pihak rumah sakit untuk membayar tebusan sampai 23 September, setelah itu mereka menggunggah data rahasia pasien dan staf ke situs gelap. [pan]

Baca juga:
Warga Prancis Ramai-Ramai Serahkan Senjata Api ke Polisi, Termasuk Pisau
Ikan Mas Raksasa Berhasil Ditangkap di Danau Prancis, Beratnya Mencengangkan
Menteri Prancis Tolak Bayar Akun Centang Biru Twitter
Presiden Prancis Serukan Rusia Kembali ke Meja Perundingan dengan Ukraina
Jokowi Bertemu Emmanuel Macron, Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Prancis di G20

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Prancis
  3. Peretas
  4. Viral Hari Ini
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini