Ribuan Warga Prancis Demo Tolak RUU Larangan Merekam Polisi yang Sedang Bertugas

Senin, 23 November 2020 13:15 Reporter : Hari Ariyanti
Ribuan Warga Prancis Demo Tolak RUU Larangan Merekam Polisi yang Sedang Bertugas Demo di Prancis tolak RUU yang akan melarang warga merekam polisi yang sedang bertugas.. ©AFP

Merdeka.com - Ribuan orang berunjuk rasa di Paris pada Sabtu, menolak RUU yang akan mengkriminalisasi penyebaran foto wajah anggota polisi dengan tujuan agar mereka diganggu.

Para pendukung RUU ini mengatakan petugas polisi dan keluarga mereka perlu perlindungan dari perisakan atau pelecehan baik online dan secara langsung ketika tak bertugas.

Sementara itu, penentang RUU ini mengatakan RUU ini akan menghalangi kebebasan jurnalis dalam liputan, dan akan mempersulit meminta pertanggungjawaban polisi jika terjadi pelanggaran seperti penggunaan kekerasan yang berlebihan - sebuah kekhawatiran publik yang berkembang belakangan ini.

Bagi yang melanggar, terancam hukuman maksimal satu tahun penjara dan denda 45.000 euro atau sekitar Rp 750 juta.

Di Alun-Alun Trocadero Square di Paris barat, para aktivis HAM, serikat buruh dan jurnalis menyerukan "Setiap orang ingin merekam polisi!" dan "Kebebasan!", sementara polisi dengan dilengkapi dengan peralatan anti huru hara berdiri di sekitar alun-alun.

Dikutip dari Alarabiya, Senin (23/11), banyak pengunjuk rasa yang memakai rompi berwarna terang, seperti yang dipakai anggota gerakan "Rompi Kuning" yang memulai gelombang unjuk rasa anti-pemerintah dua tahun lalu.

Beberapa orang membawa plakat yang bertuliskan "Kami akan meletakkan ponsel kami jika kalian meletakkan senjata kalian".

Unjuk rasa yang sama direncanakan di sejumlah kota lainnya seperti Marseille, Lille, Montpellier, Rennes, Saint-Etienne, dan Nice.

Di Paris, polisi bentrok dengan pengunjuk rasa di akhir aksi. Sampai pukul 19.45, 23 orang ditangkap dan seorang polisi mengalami luka ringan, seperti disampaikan kepolisian Paris di Twitter.

Baca Selanjutnya: Kepala Editor Investigasi situs berita...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini