Ribuan orang mengungsi akibat kebakaran lahan di pegunungan California

Jumat, 27 Juli 2018 12:07 Reporter : Farah Fuadona
Ribuan orang mengungsi akibat kebakaran lahan di pegunungan California Kebakaran California. Reuters

Merdeka.com - Lebih dari 3.000 warga terpaksa meninggalkan rumah mereka di kawasan resor pegunungan akibat meluasnya kebakaran lahan di California Selatan yang diduga dilakukan oleh seorang pelaku pembakaran berantai.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran terus berupaya menyelamatkan rumah-rumah warga dari amukan api.

Bencana kebakaran yang dijuluki "Cranston Fire" dan diduga disulut oleh tersangka pelaku yang sama tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kebakaran lahan yang mulai terjadi pada Rabu di Riverside County di timur Kota Hemet.

Brandon McGlover (32) ditahan di Hemet pada Rabu dan menghadapi lima tuduhan pembakaran, kata lembaga kehutanan AS dalam pernyataannya di laman penjejak kebakaran Inciweb.

Belum diketahui apakah McGlover yang ditahan dengan jaminan satu juta dolar AS ini telah mendapatkan kuasa hukum.

Kebakaran Cranston yang telah menghancurkan setidaknya lima rumah di tepi pegunungan San Jacinto di sebelah barat wilayah Palm Springs itu telah memaksa 3.200 orang yang tinggal di Idyllwild, Cedar Glen, dan Lembah Fern mengungsi.

Sekitar 700 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang telah menghanguskan 1.900 hektare lahan ini, namun, hingga Kamis, baru lima persen saja yang telah berhasil dikendalikan.

Bencana tersebut hanya satu dari lima kebakaran lahan besar yang melanda California akibat gelombang panas di negara bagian itu.

Di California Utara, kebakaran Carr memaksa ribuan warga mengungsi saat petugas berjuang mengendalikan kobaran api di kawasan pegunungan Shasta County, dilansir dari Antara.

Kebakaran yang terjadi sekitar 240 kilometer utara Sacramento itu hingga Kamis telah menghanguskan 8.100 hektare lahan atau tiga kali lebih luas dari sehari sebelumnya.

Petugas hanya mampu mengendalikan 10 persen dari luasnya kobaran api, kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California.

Meski api melalap kawasan jarang penduduk, juru bicara kantor pemadam kebakaran California Scott McLean memperingatkan kemungkinan api akan meluas ke Kota Redding yang dihuni 90.000 orang.

"Jika Anda tinggal di West Redding, mulailah berkemas dan bersiaplah," kata patroli jalan raya California dalam akun Twitternya. "Kebakaran ini sudah di luar kendali." Gubernur California Jerry Brown menetapkan status darurat di Shasta dan Riverside County pada Kamis setelah meluasnya kebakaran Carr dan Cranston, yang diperparah oleh suhu udara yang mencapai 37 derajat celcius, angin kencang serta kelembaban rendah.

Sebelumnya kebakaran Ferguson yang melanda 17.500 hektare lahan menyebabkan ditutupnya kawasan Taman Nasional Yosemite akibat asap hitam pekat menyelimuti lembah yang berlokasi sekitar 275 km dari timur San Fransisco.

Seorang petugas pemadam kebakaran tewas pada 14 Juli setelah alat berat yang dia gunakan untuk memotong batas penahan api terbalik, dan tujuh lainnya terluka. [frh]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini